8 Tips Aman Melamar Kerja Secara Online

tips-aman-mencari-dan-melamar-kerja-online

Sangat mudah untuk menemukan informasi lowongan pekerjaan di internet. Namun tidak semua informasi tersebut benar adanya dan terbukti kevalidannya.

Oleh karena itu harus berhati-hati dalam melamar kerja secara online agar terhindar dari penipuan. Berikut 8 panduan untuk mencari dan melamar lowongan kerja lewat Internet supaya Anda dapat mendapatkan pekerjaan dengan cepat dan aman.

1. Perhatikan Bagaimana Informasi Lowongan Pekerjaan Dibagikan

Biasanya informasi lowongan kerja yang valid dari perusahaan yang asli dan resmi diberitahukan lewat halaman situs resmi perusahaan atau akun sosial media resmi perusahaan.

Bukan melalui pesan pribadi seperti SMS, email, Whatsapp, atau Direct Message seperti inbox facebook dan sebagainya yang bersifat pribadi.

Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan pesan berisi tawaran pekerjaan yang mengatasnamakan HRD suatu perusahaan harus berhati-hati karena bisa dipastikan itu adalah modus penipuan.

2. Perhatikan Halaman Arahan Informasi Lowongan Pekerjaan

Landing page atau halaman arahan informasi tentang cara melamar juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui kebenaran informasi lowongan perkerjaan.

Ya, lowongan pekerjaan yang valid tentunya memiliki informasi tentang tata cara melamar yang jelas. Dan link atau tautan selalu mengarah langsung ke halaman apply situs resmi perusahaan.

Bukan situs lainnya seperti akun sosial media seseorang atau halaman situs yang berisi iklan untuk menguntungkan pelaku.

Misalnya, jika Anda menemukan informasi lowongan kerja dari PT. KAI di facebook dengan link selain dari situs resmi perusahaan PT. KAI seperti bit.ly, line.me dan sebagainya. Maka harus berhati-hati karena bisa jadi itu adalah phising atau penipuan.

 


Biasanya informasi lowongan kerja ini banyak ditemukan di grup media sosial media terutama facebook.

3. Berhati-hati Dengan Mengisi Formulir di Google Formulir

pendaftaran lamaran kerja via google formulir

Pernahkah Anda mendaftar lamaran pekerjaan online dengan formulir pendaftaran seperti gambar di atas? Ya, itu adalah Google Formulir. Google Formulir sendiri adalah platform khusus yang diciptakan oleh Google untuk menyediakan layanan formulir secara online yang gratis dan mudah digunakan.

Beberapa perusahaan juga menggunakannya sebagai formulir pendaftaran untuk mengisi data pribadi pelamar. Salah satu perusahaan besar yang sebelumnya pernah menggunakan Google Formulir adalah PT. YMMWJ atau Yamaha yaitu pada tahun 2016 lalu, namun sekarang mereka sudah tidak menggunakannya lagi.

Dan biasanya jika Anda mendaftar atau melamar pekerjaan lewat BKK sekolah menggunakan Google Formulir untuk mengisi data pribadi.

Karena kemudahannya untuk dibuat, dan kekurangannya adalah kita tidak tahu siapa yang membuat Google Formulir tersebut. Maka Anda harus berhati-hati jika Anda menemukan lowongan kerja dengan tautan langsung mengarah ke Google Formulir sebagai tempat pendaftaran lamaran pekerjaan.

Pastikan Google Formulir tersebut dirujuk dari situs resmi perusahaan agar terhindar dari penipuan dan penyalahgunaan data pribadi oleh orang tidak bertanggung jawab.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja di Internet

4. Perhatikan Informasi Secara Detail Tentang Perusahaan

halaman profil perusahaan unilever

Perusahaan yang asli dan resmi tentunya memiliki informasi seperti visi dan misi, alamat, bidang usaha, dan contact person seperti email dan nomor telepon yang jelas di situs resminya.

Sedangkan untuk perusahaan yang beroperasi di Indonesia pada umumnya menggunakan ekstensi domain .co.id bukan yang lainnya seperti .net, .xyz, .com (kecuali perusahaan multinasioal) dan sebagainya pada situs web resminya.

Dan bukan menggunakan subdomain host gratis seperti blogspot, wordpress, weebly, tumblr dan sebagainya, misalnya pertamina.blogspot.com.

Selain itu, Kantor dari perusahaan umumnya mempunyai kantor yang permanen di bangunan sendiri atau dalam suatu lantai gedung bukan di Rumah/Toko (Ruko).

Jadi sebelum melakukan apply lamaran pekerjaan, selalu cocokkan informasi perusahaan dengan situs web resminya dan situs penyedia lowongan kerja, serta lokasi di Google Maps.

Oleh karena itu, jika Anda mendapatkan panggilan tes di suatu perusahaan dengan alamat yang berbeda. Harus berhati-hati karena kemungkinan itu adalah jasa consultant yang mengharuskan Anda membayar sejumlah uang atau bahkan modus penipuan.

5. Perhatikan Alamat Email Yang Digunakan Untuk Mengirim Berkas Lamaran

Seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya, perusahaan yang beroperasi di Indonesia selalu menggunakan ekstensi domain .co.id pada situs web resminya.

Begitu juga dengan alamat email, perusahaan besar selalu memiliki alamat email khusus untuk rekrutmen karyawan. Misalnya email [email protected] adalah alamat email PT. Astra yang digunakan oleh pelamar untuk mengirim berkas lamaran kerja.

Jadi jangan percaya jika Anda mendapatkan informasi lowongan kerja dengan email menggunakan layanan host email gratis seperti gmail, yahoo mail, yandex, outlook, dan sebagainya. Contohnya seperti [email protected]

6. Hati-hati Dengan Situs Penyedia Lowongan Kerja Abal-abal

Sekarang ini cukup banyak situs penyedia lowongan pekerjaan di internet yang disertai fitur melamar kerja online secara langsung di situs tersebut. Namun Anda harus berhati-hati menggunakannya karena terkadang itu adalah situs pihak ketiga di mana nantinya Anda akan di panggil datang ke alamat yang kurang jelas seperti ruko.

Jadi, pastikan selalu gunakan situs penyedia lowongan kerja tepercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Disarankan menggunakan situs penyedia lowongan kerja dengan ekstensi domain .co.id seperti jobstreet.co.id atau yang lainnya.

Karena di samping memiliki kredibilitas yang baik, mereka juga memiliki ijin perusahaan untuk membuat situs tersebut. Jika dibandingkan menggunakan ekstensi domain lainnya yang tidak membutuhkan surat izin usaha dari pemerintah.

7. Selalu Cek Kebenaran Tentang Keberadaan Perusahaan

Memang, sekarang informasi lowongan kerja semakin mudah ditemukan. Namun kita harus pandai memastikan kebenaran informasi tersebut.

Anda harus memastikan sendiri apakah perusahaan yang akan Anda ajukan lamaran tersebut benar adanya atau hanya fiktif, dan modus penipuan.

Cara memastikannya bisa dengan mencari website resminya, apakah ada atau tidak? Atau tanyakan juga pada contact person yang tercantum dalam lamaran kerja online.

Sedangkan jika Anda melamar kerja di rumah makan atau sejenisnya bisa meminta alamat tempat kerja yang jelas dan mengeceknya terlebih dahulu melalui Google Maps dan Street View.

8. Berhati-hati Lowongan Kerja Dengan Iming-iming Penggantian Biaya Akomodasi

Tips aman melamar kerja secara online yang terakhir adalah selalu berhati-berhati dengan lowongan pekerjaan yang terdapat iming-iming penggantian akomodasi. Ya, setiap perusahaan yang melaksanakan rekrutmen karyawan secara online biasanya selalu menerangkan kalau tak dipungut biaya apapun pada pelamar.

Jadi jangan pernah mengirim imbalan berbentuk apa pun pada HRD maupun yang mengatasnamakan Perusahaan. Seperti biaya tiket travel, ongkos penginapan serta akomodasi lainnya.

Karena setiap perusahaan yang melaksanakan rekrutmen umumnya sudah menghimbau pada calon peserta bila seluruh ongkos akomodasi tak ditanggung oleh perusahan.

Itulah 8 tips aman dalam mencari dan melamar pekerjaan secara online, Anda harus benar-benar teliti dan detail ketika mencari informasi lowongan kerja serta sebelum mengirimkan berkas lamaran agar bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan diri Anda.

Jika Anda merasa curiga dengan info lowongan kerja yang Anda dapatkan, bisa menghubungi contact person resminya untuk bertanya lebih lanjut. Dan bila tidak menjawab dengan baik, bisa mencari info lowongan kerja yang akurat terlebih dahulu sebelum mendaftarkan diri sebagai calon karyawan.

Baca juga: 18 Tips Agar Sukses Dalam Tes Wawancara Kerja

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *