8 Pekerjaan Lulusan SMK Bergaji Besar Tanpa Kuliah

Pekerjaan untuk lulusan SMK

Seringkali lulusan SMK atau SMA dibuat bingung ke mana harus mencari kerja dan pekerjaan apa yang bisa menjamin taraf hidupnya di masa depan.

Mungkin berbeda dengan mereka yang melanjutkan ke jenjang kuliah yang setidaknya sudah tahu dan membuka pintu peluang kariernya di masa depan.

Namun tunggu sebentar, percaya atau tidak jika kamu membuka mata lebar-lebar di zaman sekarang ini ada banyak pekerjaan bergaji besar yang tidak membutuhkan ijazah kuliah.

Ya, kamu tidak salah dengar bahkan sebagian besar perusahaan raksasa khususnya dibidang teknologi seperti Google misalnya.

Mereka tidak mensyaratkan seberapa tinggi pendidikan apalagi nilai IPK dalam merekrut karyawan. Justru yang sekarang dibutuhkan adalah skill dan pola berpikir berbeda karena menyangkut inovasi yang harus mereka ciptakan.

Tidak perlu basa-basi lagi, berikut 10 pekerjaan bergaji besar untuk lulusan SMK atau SMA tanpa ijazah kuliah.

1. Desainer

Apakah kamu memiliki ketertarikan di dunia desain? Jika iya, kamu bisa menjalani profesi yang satu ini seperti desainer grafis atau baju. Untuk menjadi seorang desainer yang hebat hingga bergaji besar kamu tidak harus menghabiskan waktu 4 tahun untuk kuliah di jurusan desainer.

Memang ada jurusan desainer di dunia perkuliahan dan mungkin beberapa perusahaan lebih menerima karyawan dari lulusan universitas ternama.

Tapi itu bukan satu-satunya pilihan untuk menjadi seorang desainer, kamu dapat mengikuti kursus yang hanya memakan waktu 3 minggu hingga 2 tahun saja untuk menjadi desainer berbakat.

 


Selain itu tidak semua perusahaan hanya menerima desainer dari lulusan universitas ternama dan nyatanya ada banyak desainer sukses tanpa kuliah.

Sementara untuk gaji seorang junior desainer memang tergolong cukup kecil. Tapi itu adalah hukum alam, semakin banyak pengalaman dan portofolio yang kamu miliki maka semakin besar gaji yang bakal kamu terima bahkan melebihi gaji seorang PNS.

2. Sales Marketing

Apakah kamu memiliki ketertarikan dengan dunia jual beli dan pandai berkomunikasi dengan orang asing termasuk membujuk orang? Jika iya, sepertinya menjadi seorang sales marketing adalah profesi yang tepat.

Memang Banyak orang yang menganggap profesi yang satu ini sebagai pekerjaan rendahan sekaligus cukup berat untuk dijalankan karena adanya target perusahaan yang harus dicapai. Oleh sebab itu, pekerjaan yang satu ini hanya cocok bagi mereka yang mau belajar dan bekerja keras dan pantang menyerah.

Gaji pokoknya memang tergolong cukup kecil, tapi ada peluang untuk mendapatkan komisi penjualan yang tidak ada batasnya. Tentu jika kamu berhasil bisa membuatmu bisa menjadi jutawan dalam satu bulan saja.

Tugas seorang sales marketing hanya perlu memahami tentang seluk-beluk produk yang dijual serta pandai berkomunikasi untuk membujuk para calon pembeli.

Bayangkan jika kamu jadi sales produk bernilai tinggi seperti otomotif atau properti, mendapatkan keuntungan sebanyak 1 persen saja dari setiap produk yang berhasil dijual, tentu lumayan bukan?

Sementara untuk menjadi seorang sales marketing kamu harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, jeli dalam melihat potensi yang ada, dan tentunya mempunyai mental yang kuat. Jangan sampai mendapat tolakan dari klien, kamu langsung menyerah.

3. Programmer

Menurut majalah Forbes karier seorang programmer memiliki peluang menjanjikan di masa depan, bahkan kebutuhan profesi yang satu ini meningkat pada tahun 2022.

Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki ketertarikan di dunia IT harus bersiap-siap. Dan kabar baiknya, untuk menjadi seorang programmer profesional kamu tidak harus belajar di bangku kuliah dan membutuhkan ijazah perguruan tinggi untuk melamar pekerjaan ini.

Sekarang ini ada banyak sekali yang menawarkan kursus programming hingga siap terjun ke pasar kerja yang hanya memakan waktu 6 bulan saja. Jadi, ucapkan selamat tinggal pada jurusan informatika.

Tidak sedikit juga cerita orang sukses menjadi programmer profesional tanpa ijazah kuliah. Salah satu contoh terkenal adalah Mark Zuckerberg yang sukses mendirikan raksasa Facebook setelah drop out dari kampus Harvard.

Sementara untuk gaji seorang programmer pemula rata-rata Rp 5-10 jutaan. Tapi kalau udah tingkat atas bisa sampai Rp 20 jutaan. Bahkan kalau bisa bikin aplikasi, hasil karya itu bisa dihargai ratusan juta rupiah.

Memang banyak orang yang menganggap profesi programmer di Indonesia cenderung tidak dihargai dan bergaji kecil, karena kurang berkembangnya startup hingga banyaknya pembajakan karya terutama game. Namun ini seharusnya tidak menyurutkan minat kamu untuk menjadi seorang programmer.

Kunci sukses untuk menjadi programmer adalah pertama, kamu harus bisa bahasa inggris dengan lancar karena semua perintah dan tata bahasa atau syntax menggunakan bahasa inggris.

Kedua, kamu harus menyukai matematika terutama aljabar linear tetapi tidak harus menguasai karena ada beberapa area programming yang tidak menggunakan matematika. Jangan khawatir, karena manurut cerita programmer sukses matematika di dunia programming tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Dan terakhir, kamu harus pantang menyerah, sabar, teliti, dan betah berlama-lama di depan komputer. Sebab hampir mustahil suatu program yang kamu buat bisa langsung jalan tanpa ada kesalahan.

Belajar jadi programmer harus banyak-banyak praktek di depan komputer. Ilmunya bisa didapat lewat buku-buku atau bahkan kursus online.

Baca juga: 11 Jurusan SMK Yang Mudah mendapatkan pekerjaan

4. Pilot

Kamu bercita-cita menjadi pilot sejak kecil? Tenang saja, kamu bisa mewujudkannya mulai dari sekarang. Tidak perlu lulus kuliah untuk memperoleh lisensi menerbangkan burung besi.

Syarat untuk menjadi pilot hanya lulusan SMA atau SMK saja. Sementara untuk gaji yang diterima pilot pemula mulai dari Rp15-20 juta. Kalau jam terbangmu sudah tinggi, bisa sampai Rp 50 juta sekali terbang. Seorang pilot harus mampu berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan serta paham aturan penerbangan.

Jangan khawatir, pas sekolah pilot akan diajarkan semua itu. Pekerjaan pilot pas buat mereka yang gemar berolahraga dan teliti dan tentu saja tidak takut dengan ketinggian. Sebab pilot wajib bugar dan memahami situasi-kondisi saat terbang, kecuali sengaja mau adu nyali dan masuk penjara gara-gara membahayakan penumpang.

5. Masinis

Sama seperti pilot, untuk menjadi seorang masinis atau menjalankan kereta kamu tidak harus lulus kuliah. Kamu hanya membutuhkan menjalani pelatihan di sekolah-sekolah yang ditentukan perusahaan jika lamaranmu sudah diterima.

Untuk melamar pekerjaan sebagai masinis kamu hanya perlu mendaftar di website PT. KAI ketika mereka sedang membuka lowongan untuk lulusan SMK ata SMA. Jika jam terbangmu sudah tinggi, maka gajinya pun bisa semakin tinggi.

6. Customer Service

Beberapa perusahaan masih menerima lulusan SMA sebagai customer service mereka. Gaji yang didapatkan rata-rata pada batas UMP atau bahkan lebih. Umumnya pekerjaan customer service meliputi penanganan keluhan, serta menjelaskan dan menjalankan prosedur yang berkaitan dengan klien atau pelanggan.

Walaupun tampak sederhana, profesi ini membutuhkan pengetahuan yang mendalam mengenai produk atau layanan perusahaan serta kemampuan melayani yang baik.

7. Anak Buah Kapal (ABK)

Mungkin kamu pernah mendengar istilah pelayaran atau menjadi seorang pelaut, kata tersebut merupakan sebutan lain untuk orang yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal atau ABK.

Dan sudah menjadi rahasia umum bahwa pelayaran merupakan salah satu pekerjaan dengan bergaji besar. Apalagi jika pelayaran tersebut berjenis kapal wisata atau kapal pesiar yang lingkupnya keluar negeri.

Maka tak heran kalau sebagian besar dari mereka memiliki harta yang tergolong melimpah dan mewah sepulangnya ke tanah air.

Kebanyakan dari mereka adalah para lulusan SMA yang kemudian ikut pelatihan kerja sebagai ABK. Berbagai posisi ditawarkan untuk bekerja di atas kapal, antara lain seperti koki, teknisi, dan janitor atau tenaga kebersihan.

Bekerja di dunia pelayaran memang dikenal cukup keras karena hidup ditengah lautan dengan gelombang tinggi hingga berbulan-bulan. Dan harus jauh dengan orang tua, oleh karena itu pekerjaan yang satu ini cocok bagi kamu yang memiliki jiwa petualang.

8. Operator Produksi di Pabrik

Jenis pekerjaan yang satu ini memang cukup populer di Indonesia, terutama di kalangan fresh graduate atau yang baru lulus dari SMK.

Karena selain mudah didapatkan dengan banyaknya pabrik di Indonesia, gaji yang ditawarkan juga lumayan besar terutama di perusahaan bonafit.

Untuk mendapatkan pekerjaan ini, kamu dapat mengunjungi halaman aplikasi lamaran pekerjaan di situs perusahaan yang kamu inginkan.

Memang kebanyakan pekerjaan operator produksi di pabrik terutama di perusahaan besar menggunakan sistem kontrak. Tetapi ini bisa dijadikan sebagai batu loncatan karier kamu.

Itulah 8 pekerjaan bergaji besar tanpa kuliah. Memang, untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut tidak cukup hanya sekedar lulus SMA saja, namun harus menempuh beberapa pelatihan khusus untuk menambah keahlian dan bersertifikat.

Di samping itu, tidak semua daerah memberikan pendapatan yang tinggi. Namun, jika kamu mau tekun dan berusaha maka rezeki tidak akan pergi ke mana. Masa depan bukan orang lain yang menentukan, tetapi diri kita sendiri bukan?

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja di Internet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *