11 Jurusan SMK Yang Mudah mendapatkan pekerjaan

jurusan-smk-yang-mudah-dapat-kerja

Sangat penting untuk memilih jurusan di sekolah tingkat lanjut khususnya bagi kamu yang ingin melanjutkan ke SMK sesuai dengan minat dan bakat yang kita miliki.

Namun yang tidak kalah pentingnya adalah memilih jurusan yang memiliki prospek bagus di masa depan. Hal ini bertujuan agar tidak menjadi pengangguran setelah lulus nanti akibat ilmu yang telah dipelajari sudah tidak terpakai.

Sehingga apa yang kamu pelajari selama 3 tahun dan biaya yang telah dikeluarkan tidak sia-sia. Di SMK sendiri ada banyak sekali jurusan bila dibandingkan dengan SMA.

Karena memang SMK merupakan pendidikan keahlian, sedangkan jurusan di SMA adalah ilmu ilmiah yang tentu saja harus kita pelajari lebih lanjut di bangku kuliah.

Untuk itu, harus berhati-hati dalam memilih jurusan SMK karena akan menentukan nasib kamu setelah lulus nanti. Meski tidak menjamin kesuksesan namun setidaknya kamu membuka peluang dan tahu arah tujuan hidup kamu setelah lulus dari sekolah tingkat lanjut nanti.

Apalagi berdasarkan data BPS, sebagian besar atau sebanyak 10,42% pada bulan Agustus 2019 pengangguran berasal dari latar pendidikan SMK. Yang kemungkinan keahlian mereka tidak relevan dan terpakai di saat sekarang ini.

Berikut jurusan SMK yang memiliki prospek bagus di masa depan dan mudah mendapatkan pekerjaan.

1. Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Revolusi industri 4.0 telah dimulai, di mana kebutuhan tenaga kerja di bidang teknologi meningkat. Untuk itu merupakan pilihan yang tepat jika kamu ingin berkarier di dunia IT dan memilih jurusan Rekayasa Perangkat Lunak atau RPL.

Di jurusan ini kita akan diberikan pengetahuan dasar tentang prinsip dan teknik untuk mendesain perangkat lunak yang tepat guna, tangguh, dan tentu saja mudah digunakan.

 


Jadi kamu akan belajar cara mendesain dan menganalisis algoritma, dan bahasa pemrograman menggunakan struktur data yang efisien serta mengembangkan sistem operasi dan aplikasi berbasis web/mobile.

Atau bahasa sederhananya, kamu akan belajar dasar-dasar bahasa pemrograman atau coding, desain, dan algoritma untuk mengembangkan perangkat lunak seperti aplikasi, game dan website.

Banyak orang khususnya di Indonesia yang malas mengambil jurusan ini karena kita akan berhadapan jutaan baris perintah komputer yang membuat orang pusing melihatnya terutama bagi orang awam.

Untuk itu, jurusan ini hanya cocok bagi mereka yang benar-benar memiliki ketertarikan di dunia coding. Serta mempunyai mental dan logika yang kuat dan tidak mudah menyerah.

Di samping itu, sebelum melanjutkan ke jurusan RPL alangkah baiknya perbaiki terlebih dahulu kemampuan bahasa inggris. Agar tidak bingung dan timbul rasa malas ketika proses belajar karena semua bahasa pemrograman menggunakan bahasa inggris.

Untuk pekerjaan dari jurusan RPL sudah dipastikan kamu akan menjadi seorang programmer. Setelah lulus kamu dapat melanjutkan ke universitas berkualitas atau mengikuti bootcamp untuk memperdalam kemampuan coding.

Untuk jenis pekerjaan programmer sendiri cukup banyak dan memiliki beberapa cabang, karena istilah programmer sendiri merupakan sebutan orang yang berkarier di dunia bahasa pemrograman atau pengembangan perangkat lunak.

Mulai dari front-end developer, full-stack developer, back-end developer, mobile developer hingga pekerjaan dengan kasta tertinggi di dunia IT yaitu hacker.

Tapi jangan salah, hacker di sini bukanlah orang yang suka meretas website seperti yang sering terjadi belakangan ini. Melainkan orang yang menganalisa, menjaga dan mengawasi sistem keamanan suatu perusahaan bahkan pemerintah seperti perbankan yang tentunya bergaji selangit.

2. Animasi & Multimedia

animasi-dan-multimedia

Jurusan SMK yang mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah animasi & multimedia. Ya, kita semua tahu Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak nomor empat di dunia. Oleh karena itu, negara ini merupakan pasar yang potensial untuk berbagai bisnis termasuk industri hiburan.

Apalagi hadirnya layanan broadcast gratis seperti YouTube dan adanya fitur monetisasi memungkinkan content creator dapat menghasilkan uang dari konten yang mereka buat.

Dari sini pastinya kamu sudah paham, ya kamu bisa memproduksi atau membuat video atau film animasi sendiri. Yang berarti bekerja di sebuah studio film animasi atau video pendek untuk menghasilkan uang.

Oleh karena itu jurusan animasi & multimedia ini layak masuk ke dalam daftar ini. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang desain grafis yang merupakan bagian penting dalam pembuatan film animasi.

Untuk pekerjaan sudah jelas kamu akan menjadi seorang animator, namun tidak hanya sebatas film animasi saja tapi juga untuk keperluan video game. Oleh karena itu, jurusan animasi & multimedia merupakan jurusan yang tepat bagi kamu yang hobi menggambar dan kreatif.

Baca juga: 8 Tips Aman Melamar Kerja Secara Online

3. Tata Boga

Apa kamu pecinta kuliner dan suka memasak? Atau ingin menjadi seorang chef di restoran bintang lima? Saya pikir Tata Boga adalah jurusan yang tepat untuk memulai karier kamu.

Jangan khawatir, dunia kuliner tidak akan pernah mengalami mekanisme pasar yang kerap lahir lalu mati. Semua orang membutuhkan pangan setiap hari sehingga jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki masa depan cerah.

4. Pariwisata dan Perhotelan

jurusan-perhotelan

Seiring berkembangnya industri pariwisata, semakin banyak tempat wisata termasuk resort dan hotel di berbagai daerah di Indonesia.

Ya, Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi wisata cukup besar. Bahkan, pendapatan negara saat ini ditunjang dari sektor pariwisata. Jadi jangan heran kalau lulusan SMK Pariwisata bakal sukses bekerja di sektor yang terus meningkat ini.

5. Pertanian

smk-pertanian

Banyak orang menganggap jurusan pertanian sulit mendapatkan pekerjaan dan memiliki level terendah dalam kasta jurusan SMK, sehingga tidak banyak orang yang mengambil jurusan ini.

Memang benar, namun jika kamu memiliki jiwa bisnis pastinya melihat potensi besar dari dunia pertanian. Ya, seperti tata boga pertanian tidak mengenal mekanisme pasar yang kerap lahir lalu mati.

Semua orang membutuhkan pangan setiap hari sehingga jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki masa depan cerah. Apalagi Kebutuhan pangan di Indonesia cukup besar dan saat ini sebagian besar pasokan masih berasal dari impor.

Oleh karena itu jika kamu tertarik dan ingin menjadi pengusaha dari sektor pangan, memilih jurusan pertanian mulai dari SMK merupakan pilihan yang tepat.

6. Pelayaran

smk-pelayaran

Jurusan SMK yang memiliki prospek bagus di masa depan dan mudah mendapatkan pekerjaan selanjutnya adalah pelayaran. Ya, Sudah menjadi rahasia umum bahwa orang pelayaran memiliki banyak uang karena bergaji besar.

Apalagi jika bekerja di sebuah kapal pesiar, maka jangan ditanyakan lagi tentang besaran gaji. Oleh karena itu, seorang taruna SMK pelayaran dipastikan akan memiliki prospek kerja menjanjikan jika mampu bergabung dengan divisi pelayaran.

Bisa jadi kamu bakal menjadi staf kapal pesiar yang berkelana ke seluruh pelosok negeri bahkan dunia. Profesi ini cocok untuk kamu yang memiliki fisik yang tangguh dan berjiwa petualang.

7. Penerbangan

Meski SMK jurusan penerbangan masih cukup langka dan hanya beberapa di Indonesia, selain itu ia juga dikenal biayanya yang lebih mahal dari jurusan SMK lainnya. Tapi jika kamu bercita-cita menjadi seorang pilot atau teknisi pesawat pastikan kamu memilih jurusan yang satu ini.

Tidak peduli seberapa jauh SMK tujuan kamu berada, kamu tetap harus memilihnya. Setelah lulus kamu dapat mengikuti sertifikasi pilot atau melanjutkan ke Sekolah Tinggi Ilmu Penerbangan atau STIP untuk memperdalam ilmu penerbangan sekaligus sebagai jembatan untuk mengantarkan kamu berkarier di dunia penerbangan.

Sementara untuk prospek di masa depan jangan diragukan lagi, dunia penerbangan tidak ada matinya. Apalagi seiring banyaknya bkamura di Indonesia membuat kebutuhan pilot dan teknisi pesawat terbang semakin meningkat.

8. Pemasaran

Banyak orang menganggap pekerjaan pemasaran atau marketing merupakan pekerjaan rendahan karena identik dengan penipuan dan cenderung memalukan.

Seperti menjadi sales marketing yang menjual produk dengan cara door-to-door keliling kampung atau menjadi SPG yang sering bertebaran di mal-mal untuk mempromosikan sebuah produk.

Jangan salah, opini seperti ini sungguh salah besar sebab lulusan pemasaran bisa menjadi tenaga marketing hkamul. Apalagi jika kamu bekerja di perusahaan besar dan bisa menciptakan strategi pemasaran produk atau jasa berkualitas tinggi seperti properti, tentu masa depan cerah akan menunggumu.

9. Akuntansi

Dari sekian banyak jurusan sekolah kejuruan, Akuntansi cukup populer khususnya di kalangan perempuan. Selain itu, jurusan ini memegang grade tertinggi sebab mengharuskan kamu memiliki kemampuan bagus di bidang hitung menghitung.

Jika Prospek karir yang cerah menunggu kamu mulai menjadi staff accounting perusahaan, perbankan dan lain-lain.

10. Farmasi

Ya, lulusan SMK Farmasi sudah tidak diragukan lagi bakal memiliki profesi yang potensial di dunia medis. Basic ilmu Farmasi bisa semakin dikembangkan saat kamu memasuki bangku kuliah. Kalau ingin terjun langsung ke lapangan pun, lulusan SMK Farmasi sudah bisa dikamulkan.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja di Internet

11. Tata Busana

fashion designer

Meski kemungkinan besar lulusan dari jurusan tata busana bekerja di pabrik tekstil atau garmen. Namun jika kamu memiliki passion dan kemampuan bagus di dunia tata busana kamu bisa saja menjadi seorang fashion designer seperti Dian Pelangi.

Ya, Dian Pelangi merupakan seorang fashion designer yang lulusan SMK dari jurusan tata busana. Jika kamu memiliki tekad yang kuat tentu bisa mengikuti jejaknya.

Itulah 11 jurusan SMK dengan prospek kerja menjanjikan dan mudah mendapatkan pejerjaan di masa depan. Program pendidikan tersebut bisa kamu pilih untuk menentukan masa depan mulai sekarang.

Tentu pilih jurusan yang sesuai dengan hobi atau passion agar kamu bahagia menjalani profesi pilihan kelak.

Selain itu, pada dasarnya semua jurusan SMK itu memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Hanya saja itu tergantung kualitas pendidikan yang diberikan dari sekolah yang kamu pilih termasuk diri kamu sendiri.

Sebagus apapun kemampuan yang kamu miliki jika tidak bekerja keras dan keberanian untuk terjun di lapangan tentu tidak ada gunanya.

Ingat prinsip Mochtar Riady jika sebuah pohon di tanam di dalam pot atau di dalam rumah, tanaman sebagus apapun itu tidak akan pernah tumbuh tinggi dan berkembang, namun akan terjadi sebaliknya jika di tanam di sebuah lahan yang luas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *