Harga dan Spesifikasi Google Pixel XL Indonesia

google2bpixel2bxl2bharga-6827893
google2bpixel2bxl2bharga-6827893

Google Pixel XL merupakan salah satu smartphone Android dari Google yang secara resmi diluncurkan pada 20 oktober 2016 lalu sebagai pengganti Nexus. Smartphone ini merupakan hasil kerja sama antara Google dengan HTC namun ia tidak mencantumkan HTC sebagai vendor. Hadir membawa fitur tangguh menjadikannya flagship premium, tidak mengherankan kalau keduanya di banderol dengan harga tinggi. Lantas seperti apakah spesifikasi dari Google Pixel XL ini? Mari kita lihat!

# Desain

Smartphone ini dibangun menggunakan bahan metal dan kaca yang nampak indah. Serta memiliki bezel agak tebal di bagian atas dan bawah, meskipun tidak memiliki tombol home fisik di bagian bawah layar. Itu baik-baik saja pada saat peluncuran, namun setelah enam bulan kemudian, dengan diluncurkannya LG G6 dan Samsung Galaxy S8 dan S8 plus ada rumor bahwa ia akan menggunakan layar melengkung di Google Pixel 2.

Dimensinya 154.7 x 75.7 mm dengan ketebalan sekitar 8.5 mm dan berat hanya 168 gram. Ada tiga varian warna yang bisa Anda pilih diantaranya quite black, very silver, dan really blue. Dari panel belakang ada sebuah kamera tanpa benjolan beserta LED flash di samping kirinya. Sementara untuk bagian bawah tengah terdapat lingkaran besar sebagai sensor sidik jari untuk proses otentikasi. Semua tombol baik volume dan power ditempatkan pada sisi kanan.

varian2bwarna2bgoogle2bpixel2bxl-2621956

Kemudian pada panel bawah Anda akan menemukan sebuah port USB Type-C dan speaker yang kemungkinan akan tertutup oleh jari saat bermain game. Di sisi lain ada audio jack standar 3.5 mm di bagian atas ponsel. Layarnya seluas 5.5 inch lebih besar dari Google pixel yang hanya 5.0 dan telah dilapisi perlindungan Corning Gorilla Glass 4 termasuk sensor sidik jari dan kamera. Sayangnya ia tidak dilengkapi anti air, Jadi Anda jangan sekali-sekali mencucinya di wastafel, apalagi mencelupkan ke dalam kolam renang.

# Layar

Google Pixel XL menggunakan layar AMOLED capacitive touchscreen dengan kedalaman hingga 16 juta warna, tidak hanya itu smartphone ini juga mendukung resolusi Quad HD 1440 x 2560 pixel dengan kepadatan mencapai ~534 pixel per inch membuatnya tampak lebih tajam.

Permukaannya dilengkapi dengan fungsi multitouch yang responsive serta dibalut dengan layar 2.5D Curved Glass dan telah diperkuat dengan perlindungan Corning Gorilla Glass 4. Sayangnya ia tidak dilengkapi fitur Always On Display.

Lihat juga : Spesifikasi Sony Xperia XZ Premium, smartphone dengan layar 4k

# Performa & Software

 


Untuk memacu kinerjanya ponsel dari Google ini mengandalkan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821 bertenaga Quad-core (2×2.15 GHz Kryo & 2×1.6 GHz Kryo) dengan dibantu oleh RAM sebesar 4GB (LPDDR4). Dengan perpaduan semua ini akan membuat komputasinya lebih lancar tanpa lag berarti.

Sementara untuk kebutuhan memori penyimpanan Anda akan mendapatkan dua pilihan yaitu 32 GB yang tersisa sekitar 24 GB untuk digunakan. Dan pilihan 128 GB tanpa adanya perluasan memori eksternal. Kemudian ada GPU Adreno 530 sebagai pengolah grafis.

Ia juga telah dibekali sistem operasi Android terbaru Nougat 7.1 dan kemungkinan akan mendapatkan pembaruan lebih cepat, mengingat ponsel ini dari Google. Sementara untuk sistem antarmuka menggunakan Pixel Launcher, dengan panel dock transparan yang bisa di geser ke atas dari bawah untuk membuka drawer. Dan ikon Google di widget search bar diubah menjadi berbentuk pil yang dapat melakukan banyak hal seperti dilakukan di Google Now. Ponsel ini juga telah ditanamkan Google Assistant yang siap membantu pengguna lebih cepat dari Siri.

# Fotografi

Selanjutnya untuk sektor fotografi, Smartphone ini dibekali kamera belakang beresolusi 12,3 Megapixel dengan lubang aperture f/2.0, yang telah dilengkapi fitur phase detection dan laser autofocus membuatnya dapat menangkap gambar lebih cepat dan fokus. Serta ada Dual LED Flash yang akan membantu menghasilkan gambar lebih baik di malam hari.

Selain itu, dengan HDR+ dan fitur Smartburst yang mampu mengambil gambar lebih banyak dalam waktu singkat singkat. Walaupun belum dilengkapi dengan OIS namun Google Pixel XL dapat merekam video stabil dengan memanfaatkan sensor gyroscope meskipun ada guncangan.

spesifikasi2bgoogle2bpixel2bxl-2951851
Credit : yahoo

Ia juga dibekali kemampuan merekam video 4K atau 2160p, namun Anda harus memindahkannya ke dalam perangkat yang mendukung 4K karena smartphone ini masih menggunakan layar beresolusi 2K. Sementara untuk memanjakan orang narsis menggunakan kamera depan sebesar 8 Megapixel dengan aperture f/2.4 dan size sensor 1/3.2″ sehingga dapat menghasilkan foto yang berkualitas.

# Konektivitas

Beralih ke konektivitas, ponsel ini telah menggunakan slot nano SIM yang menawarkan jaringan GSM, HSDPA, dan 4G LTE. Di jaringan LTE sendiri mendukung LTE Cat9 dengan kecepatan 450/50 Mbps dan LTE Cat11 600/75 Mbps. Ada juga beberapa jaringan opsional, meliputi HSPA 42.2/5.76 Mbps, GPRS dan EDGE. Kemudian untuk konektivitas lainnya sama seperti smartphone lainnya seperti Wi-Fi dual-band yang mendukung Wi-Fi Direct, DLNA, dan hotspot. Navigasi (A-GPS dan GLONASS), Bluetooth v4.2, NFC, dan terakhir USB Type-C v3.0.

# Baterai

Untuk kebutuhan sumber daya, Google Pixel XL dikemas dalam baterai sebesar 3,450 mAh yang merupakan ukuran seimbang dengan layar karena ponsel ini memiliki layar pixel padat beresolusi 2K yang benar-benar akan dapat menguras jika Anda tidak hati-hati. Seperti smartphone flagship lainnya ia juga dibekali fitur baterai fast charging yang akan bertahan hingga 7 jam dengan hanya pengisian lima belas menit saja. Dan Google juga telah menyiapkan Adaptor Daya USB-C 18 Watt.

# Fitur Lainnya

Ada beberapa sensor yang sudah ditanamkan pada ponsel ini seperti proximity, accelerometer, gyroscop, magnetometer, fingerprint sensor, barometer, dan hall effect sensor. Selain itu, mengingat ponsel ini dari Google Anda akan mendapatkan fitur penuh termasuk dukungan daydream. Kemudian untuk aksesori tersedia Live Case yang akan mempercantik penampilannya.

Untuk harga dan ketersediaan Google Pixel XL bisa didapatkan melalui Google Store di negara Amerika, Inggris, Kanada, Jerman, Australia dan India. Sementara di Indonesia bisa melalui toko online lokal seperti lazada dengan harga terbaru Rp 14.000.000 untuk varian 128 GB dan Rp 13.500.000 lebih rendah untuk varian 32 GB. Bagaimana Anda berniat membelinya?

Lihat juga : Spesifikasi Lenovo Moto M

Kelebihan

  • Desain dan penampilan cukup bagus 
  • Dukungan Daydream 
  • Perpaduan SoC baik

Kekurangan

  • Harga lebih mahal 
  • Tidak ada sertifikasi IP68 (tidak tahan air dan debu)
  • Tidak radio FM dan slot memori eksternal 
  • Speaker tidak stereo 
  • Layar tidak dilengkapi fitur Always On Display

Rincian spesifikasi

  • Diperkenalkan: Oktober, 2016
  • Diluncurkan: Oktober, 2016
  • Harga: Rp 14.000.000 (128 GB) dan & Rp 13.500.000 (32 GB)
  • Dimensi: 154.7 x 75.7 x 8.5 mm (168 gram)
  • Prosesor: Qualcomm MSM8996 Snapdragon 821
  • GPU: Adreno 530
  • RAM: 4 GB
  • ROM: 32/128 GB (tidak ada slot MicroSD)
  • Layar: 5.5 inch (1440 x 2560 pixel)
  • OS: Android 7.1. Nougat
  • Kamera: 12.3 MP & 8 MP (geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama, EIS (gyro), phase detection & laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash)
  • Tipe SIM: Nano-SIM
  • Baterai: Non-removable, Li-ion 3450 mAh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *