Cara Menggunakan Simple Control di Android

navigasi2bdi2bsmartphone2bandroid-6614242

Papan tombol back, home, dan recent task yang biasa di sebut navigasi di smartphone Android merupakan fitur penting dalam penggunaan sistem operasi Android.

Kita mengenal dua tipe tombol navigasi yaitu tipe fisik yang berada tepat di bawah layar dan virtual navbar yang menyatu pada tampilan layar.

Dari tipe virtual sendiri bisa ditemukan pada ponsel seperti Sony Xperia, Android One, Google pixel dan lainnya.

Sementara untuk tipe fisik adalah paling banyak digunakan oleh vendor smartphone dan bisa kita temukan dengan mudah seperti Asus, Oppo, Xiaomi dan sebagainya.

Apakah tombol navigasi fisik pada smartphone Anda sedang mengalami masalah tidak berfungsi? Atau hanya ingin sekedar mempercantik tampilan dengan menambahkan virtual navbar tanpa root? Jika iya, Anda datang pada blog yang tepat. Kita langsung saja di bawah ini!

Cara Mengaktifkan dan Menggunakan Simple Control

Aplikasi yang bisa Anda gunakan adalah dari pengembang Pie control yaitu Simple Control. Aplikasi ini adalah solusi paling ideal untuk masalah tersebut.

Selain itu juga memberikan kontrol secara lengkap dan sangat mudah untuk disesuaikan, karena Simple Control ini memiliki beberapa fitur diantaranya mengonfigurasi ukuran pada saat kapan layar menjadi vertikal atau horizontal, menyesuaikan transparansi, fungsi menghilang secara perlahan ketika tidak digunakan.

Time needed: 5 minutes.

Dan yang paling penting adalah aplikasi ini menyediakan sekitar 35 pilihan ikon yang bisa digunakan secara gratis. Berikut cara mengaktifkan dan menggunakan aplikasi Simple Control di Android.

  1. Instal aplikasi dari Google play store

    Jika Anda belum menginstal, silahkan mengunduhnya melalui Google Playstore.

  2. Buka dan aktifkan Simple control pada pengaturan aksesibilitas

    Aktifkan Simple Control dalam pengaturan aksesibilitas dengan mengetuk tombol toggle dan akan muncul pop up lalu pilih Oke.mengaktifkan2bsimple2bcontrol2bdi2bandroid-7223993

  3. Jalankan aplikasi Simple Control

    Pilih area aktivasi, yang berfungsi untuk memunculkan tombol navigasi seperti vertikal atau horizontal untuk perangkat pada posisi landscape dan atur posisi, panjang dan ketebalan sesuai yang Anda inginkan.menggunakan2bsimple2bcontrol2bdi2bandroid-9658572

  4. Setelah itu, masuk ke panel pengaturan, di sini Anda akan menemukan :

    1. Floating activator, yang berguna untuk memunculkan area aktivasi dengan posisi melayang.

    2. Button, untuk menerapkan fungsi yang diinginkan seperti back, home dan recent task. Sementara di pilihan long click berguna untuk membuat jalan pintas ketika menekan lama suatu tombol seperti kamera, menu power, screen capture, panel notifikasi dan volume.

    3. Option, untuk mengonfigurasi background, warna ikon , transparansi, getaran dan fungsi auto hide.

  5. Dan terakhir adalah pilihan ikon, pilih sesuai yang Anda inginkan.

    Pada tab ikon, silahkan pilih desain ikon tombol navigasi sesuai dengan yang Anda inginkan.

  6. Cara menampilkan tombol navigasi Simple Control

    Untuk menggunakannya cukup mengusap jari pada permukaan area aktivasi yang telah diatur sebelumnya dan untuk menyembunyikan, gunakan dengan cara yang sama atau di biarkan saja (jika telah mengaktifkan fitur auto hide).menambahkan2bvirtual2bnavbar2bandroid2btanpa2broot-4367485

Baca juga : Cara Ampuh Menghilangkan Iklan di Android

 


Selesai, cukup mudah bukan? Dengan adanya aplikasi ini Anda tidak perlu lagi menggunakan tombol fisik saat beraktivitas dengan perangkat Android tanpa harus takut tombol fisik rusak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *