Cara Mengaktifkan Fitur Smart Lock di Android Lollipop

img_20161203_48894-9364590
img_20161203_48894-9364590

Menyiapkan password pada perangkat Android merupakan salah satu hal yang penting dalam menjaga keamanan smartphone. Namun terkadang itu membuat kita jengkel untuk membuka layar smartphone dikarenakan kelamaan. Dan mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan ponsel sendiri tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.

Apakah Anda pernah mengalami hal demikian? Jika iya, maka di sini saya akan menjawab pertanyaan tersebut. Salah satu solusi terbaik untuk itu adalah dengan mengaktifkan Smart lock pada perangkat Android.

Apa itu Smart Lock?

Smart lock merupakan salah satu fitur terbaru dari Android di versi lollipop (5.0) yang diperkenalkan akhir 2014 lalu. Dengan fitur ini pengguna dapat menggunakan smartphone sendiri tanpa harus memasukkan pola atau password terlebih dahulu. Karena smart lock dapat mengenali sinyal seperti perangkat berada di dalam saku atau di rumah.

Beberapa fitur pada Smart lock diantaranya:

1. Deteksi pada tubuh

Fitur ini bekerja dengan sensor akselerometer yang terpasang pada perangkat. Anda dapat menggunakan fitur ini agar perangkat tidak terkunci saat membawanya.

Seperti saat memegangnya di tangan, dimasukkan ke kantung atau tas. Nantinya, fitur deteksi pada tubuh ini akan mempelajari pola jalan kaki pengguna. Dan jika sensor mendeteksi pola jalan kaki yang tampak berbeda, ponsel akan dikunci.

2. Lokasi Terpercaya

Anda juga dapat memilih tempat tepercaya seperti rumah, kantor atau tempat lainnya agar perangkat tidak terkunci setiap kali berada di tempat tersebut. Cara kerja fitur ini sangat sederhana yaitu dengan menggunakan sensor GPS pada smartphone, jadi agar fitur ini bekerja dengan baik Anda harus mengaktifkan koneksi internet dan GPS pada perangkat.

3. Perangkat tepercaya

Jika fitur tempat tepercaya menggunakan sensor GPS atau berbasis lokasi, fitur ini menggunakan sistem konektivitas perangkat seperti Bluetooth dan NFC. Beberapa perangkat yang bisa digunakan diantaranya android wear, keyboard Bluetooth, headset Bluetooth, pelacak kebugaran, sistem speaker mobil dan tag NFC.

 


Baca juga: 12 tips memaksimalkan sistem keamanan pada perangkat Android

4. Wajah Terpercaya

Untuk deteksi wajah sebenarnya telah diperkenalkan sejak Android Jelly Bean. Namun di Android lollipop tampaknya sedikit berbeda karena pada lollipop saat proses pemindaian gambar wajah tidak ditampilkan.

Jadi ketika perangkat sedang memindai wajah, pengguna tidak dapat mengetahui posisi wajah apakah itu sudah pas atau belum. Dan jika perangkat tidak mengenali wajah Anda, Anda bisa membuka kunci smartphone dengan PIN, pola, atau kata sandi yang telah diatur sebelumnya.

5. Suara Terpercaya

Fitur ini bekerja dengan Google Now, saat mengucapkan “Ok Google” dari lockscreen atau keadaan layar mati. Ia dapat mengenali suara pengguna maka lockscreen secara otomatis terbuka.
Sama seperti ketika menggunakan Google Now, Anda bisa meminta Google untuk melakukan berbagai hal seperti mengirim pesan, mengunjungi situs atau yang lainnya tanpa harus membuka kunci secara manual. Fitur ini juga dapat anda aktifkan melalui pengaturan Google Now.

Cara Mengaktifkan Smart Lock

Secara default, smart lock di Android Lollipop tidak diaktifkan. Jadi anda harus mengaktifkan secara manual dan mengkonfigurasinya.

Langkah 1: Aktifkan agen terpercaya

Penting Anda harus terlebih dahulu mengaktifkan smart lock di agen tepercaya sebelum melihat pilihan menu Smart lock pada pengaturan keamanan. Jadi jika di smartphone anda belum ada pilihan Smart lock maka perlu mengaktifkannya.

Untuk mengaktifkannya, pergi ke Settings > Security > Trust agents Di bawah Advanced, ketuk trusted agents seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

img_20161204_39353-9265622

Ketuk Smart lock (Google) untuk mengaktifkannya. Setelah itu, switch akan berada di sisi kanan dengan warna biru. Kemudian Anda akan menemukan item baru smart lock pada menu pengaturan keamanan seperti yang ditunjukkan di bawah ini.

img_20161204_28967-6713866

Pilih Smart lock dan masukkan password lockscreen yang telah diatur sebelumnya, setelah itu anda dapat mengkonfigurasi Smart lock pada perangkat anda.

Cara mengaktifkan tempat tepercaya di smart lock

Masuk ke pengaturan Smart lock > tempat tepercaya dan Periksa pengaturan saat ini.

img_20161204_31452-5134865

Jika masih kosong berarti Anda belum menambahkan alamat rumah, pilih Home dan masukkan alamat rumah untuk menambahkan. Anda juga dapat menambahkan alamat rumah atau tempat kerja melalui Google Now dan Maps.

Setelah menambahkan tempat tepercaya sekarang Anda dapat mengaktifkannya dengan mengetuk tempat yang akan diaktifkan lalu pilih turn on this location dan selesai, Sekarang Anda dapat menikmati tempat tepercaya pada smartphone. Jika koneksi internet dan GPS aktif dapat menggunakan smartphone tanpa harus memasukkan password terlebih dahulu.

Itulah cara mengaktifkan fitur tempat tepercaya pada smart lock, untuk fitur lainnya Anda dapat mengaturnya sendiri karena sangat mudah untuk dilakukan. Untuk menonaktifkan cukup geser switch seperti semula di setiap fitur yang akan dimatikan.

Jika tidak menggunakan ponsel selama 4 jam atau telah melakukan boot ulang perangkat. Anda harus membuka kuncinya secara manual dengan PIN, pola, atau sandi yang telah diatur sebelumnya. Beberapa fitur Smart lock mungkin tidak tersedia pada semua perangkat, itu tergantung vendor smartphone yang digunakan.

Dan perlu diperhatikan juga Smart lock hanya tersedia pada Android lollipop ke atas jadi jika menggunakan kitkat kebawah Smart lock tidak tersedia.

Baca juga : 13 Tips Memaksimalkan Penggunaan Google Now

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *