Cara Menghitung BMI Menurut WHO dan Depkes RI

Body Mass Index (BMI) atau dalam bahasa Indonesia berarti Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan salah satu cara untuk mengetahui tingkat keidealan tubuh seseorang sesuai dengan tinggi badan dan berat badan yang dimiliki. Cara ini juga sering digunakan untuk mengukur tes kesehatan dalam seleksi karyawan baik perusahaan BUMN seperti PT KAI ataupun Pertamina dan perusahaan swasta lainnya khususnya di bidang industri.

Kekurangan berat badan akan mengakibatkan penyakit serius seperti anoreksia atau tulang keropos dan lemah, gangguan hati dan jantung, terganggunya kesuburan, disfungsi ereksi, anemia dan sebagainya. Sedangkan kelebihan berat badan yang berlebihan atau disebut obesitas juga tidak kalah berbahaya seperti tekanan darah tinggi, stroke, diabetes, jantung, kolesterol, dan hal mengganggu lainnya seperti Sleep Apnea yaitu kesulitan tidur nyenyak akibat gangguan sistem pernapasan.

Cara menghitung bmi

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui kondisi berat badan saat ini agar dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat berat badan yang tidak normal. Perhitungan BMI sendiri didapatkan dengan membagi berat dan tinggi yang di kuadratkan dalam satuan meter. Dan setiap hasil dari BMI memiliki arti yang dapat dikelompokkan dalam klasifikasi skala BMI. Sistem penghitungan BMI sendiri biasa digunakan sebagai screening, namun tidak dapat mendiagnosis kegemukan tubuh dan tingkat kesehatan seseorang.

Baca juga : Cara menambah berat badan dengan cepat secara alami

Selain itu, penggunaan BMI hanya untuk orang dewasa berumur 18 tahun ke atas sehingga tidak dapat diterapkan pada bayi, anak, remaja, ibu hamil, dan atlet.

Cara Menghitung BMI Menurut Standar WHO dan Menkes RI


Seperti yang telah disebutkan di atas, rumus untuk menghitung BMI sangat sederhana dan sama sekali tidak ada perbedaan baik untuk laki-laki maupun perempuan. Berikut ini adalah rumus untuk menghitung BMI :

BMI = Berat Badan / (Tinggi Badan * Tinggi Badan)

Keterangan :
  • Satuan Berat Badan adalah Kilogram (kg)
  • Satuan Tinggi Badan adalah Meter (m)
Klasifikasi BMI telah ditentukan dengan merujuk pada ketentuan FAO/WHO, di mana yang membedakan BMI untuk laki-laki dan perempuan adalah ambang batas normal. Namun perbedaannya tersebut tidak terlalu jauh. Disebutkan bahwa ambang batas normal untuk laki-laki adalah 18.5 - 24.9. Untuk lebih jelasnya silakan lihat klasifikasi skala BMI menurut WHO berikut.
  • Underweight <18.5 kg/m2 menunjukkan berada badan rendah tetapi resiko terhadap masalah klinis kian meningkat.
  • Batas Normal 18.5-24.9 kg/m2 menunjukkan berat badan normal
  • Overweight >25kg/m2 menunjukkan berat badan berlebihan
  • Pre-obese 25.0-29.9 kg/m2 Meningkat 
  • Obese I 30.0-34.9 kg/m2 Sedang 
  • Obese II 35.0-39.9 kg/m2 Berbahaya 
  • Obese III >40 kg/m2 Sangat berbahaya 
Klasifikasi Berat Badan yang diusulkan berdasarkan BMI pada penduduk Asia Dewasa
  • Underweight < 18.5 kg/m2 menunjukkan berat badan rendah tetapi resiko terhadap masalah masalah klinis lain meningkat 
  • Normal Weight 18.5 kg/m2 Rata-rata 
  • Overweight > 23 kg/m2
  • At Risk 23.0 - 24.9 kg/m2 Meningkat 
  • Obese I 25.0 ? 29.9 kg/m2 Sedang 
  • Obese II > 30 kg/m2 Berbahaya 
Untuk Indonesia, ambang batas telah dimodifikasi lagi berdasarkan pengalaman klinis dan hasil penelitian dibeberapa negara berkembang. Hingga pada akhirnya diambil kesimpulan, ambang batas BMI untuk Indonesia menurut departemen kesehatan adalah sebagai berikut:
  • Kekurangan berat badan tingkat berat < 17,0
  • Kekurangan berat badan tingkat ringan antara 17,0 hingga 18,4
  • Normal antara 18,5 hingga 25,0
  • Kelebihan berat badan tingkat ringan antara 25,1 hingga 27,0
  • Kelebihan berat badan tingkat berat > 27,0
Jika seseorang termasuk kategori BMI < 17,0 maka menunjukkan keadaan orang tersebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat berat atau Kurang Energi Kronis (KEK) berat.
Sedangkan jika BMI menunjukkan 17,0-18,4 maka keadaan orang tersebut kurus dengan kekurangan berat badan tingkat ringan atau KEK ringan.

Contoh cara untuk menghitung BMI (Body Mass Index)


Contoh 1:

Jika berat badan Anda adalah 65kg dan tinggi badan Anda adalah 1,70 (170cm). Maka indeks BMI adalah sebagai berikut :

BMI = 65kg / (1,70 x 1,70) BMI = 22,49 menunjukkan BMI Anda normal

Contoh 2 :

Jika berat badan anda adalah 75kg dan Tinggi Badan Anda 1,65 (165cm). Maka indeks BMI adalah sebagai berikut :

BMI = 75kg / (1,65 x 1,65) BMI = 27,55 menunjukkan BMI Anda termasuk kategori obesitas dam harus segera diturunkan.

Itulah cara menghitung BMI, dan perlu diperhatikan pengukuran dengan sistem ini tidak benar menggambarkan status gizi dan persentase lemak yang ada pada tubuh Anda. Karena rumus ini menyesuaikan berat dan tinggi badan agar terlihat proporsional.

Jadi, jangan senang dulu ketika kategori BMI Anda menunjukkan berada pada berat normal dan ideal. Hal ini untuk memastikan bahwa Anda berada dalam kondisi yang benar-benar sehat. Oleh karena itu, selalu periksakan diri Anda ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut apakah berat badan Anda ideal juga terbebas dari penyakit.

Baca juga : Cara menambah tinggi badan secara cepat

Sedangkan untuk mendapatkan berat badan yang ideal dan sehat bisa Anda capai dengan menerapkan pola hidup sehat. Mulai mengkonsumsi makanan bergizi dan kaya nutrisi yang baik bagi tubuh, rutin olahraga, dan mengurangi tingkat stres merupakan cara terbaik untuk mencapai berat badan yang ideal dan sehat.
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,10,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: Cara Menghitung BMI Menurut WHO dan Depkes RI
Cara Menghitung BMI Menurut WHO dan Depkes RI
Rumus dan cara menghitung BMI sesuai dengan standar WHO (World Health Organization) dan Departemen Kesehatan Indonesia
https://4.bp.blogspot.com/-_3fHYxVmcMI/W7_ZMEwfzuI/AAAAAAAACJs/iyK-GqKA0lA4APx7hZtIm0lO7h3OHwHNACPcBGAYYCw/s1600/menghitung-bmi.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-_3fHYxVmcMI/W7_ZMEwfzuI/AAAAAAAACJs/iyK-GqKA0lA4APx7hZtIm0lO7h3OHwHNACPcBGAYYCw/s72-c/menghitung-bmi.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2018/10/cara-menghitung-bmi-menurut-who-dan-depkes.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2018/10/cara-menghitung-bmi-menurut-who-dan-depkes.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy