TDEE: Cara Menambah Berat Badan Yang Sebenarnya

Bagi sebagian orang, menganggap menambah berat badan merupakan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan, dan sudah banyak berusaha dengan mencari berbagai cara di internet mulai dari ada yang menyarankan makan sebanyak-banyaknya, mengkonsumsi suplemen penambah berat badan, berolahraga dan sebagainya. Namun setelah semuanya dilakukan ternyata tidak berhasil juga bobot tubuh yang diharapkan.

Tubuh gemuk dengan cepat

Apakah hal tersebut juga terjadi pada diri Anda? Baiklah, di sini saya akan mencoba berbagi bagaimana cara agar bisa memperoleh tubuh gemuk yang sebenarnya, yaitu dengan sedikit lemak dan lebih banyak otot yang baik pada tubuh.

Namun sebelum itu saya ingin bertanya, anggap saja Anda akan pergi ke Yogyakarta dari Jakarta atau sebaliknya maka tentunya Anda perlu mempersiapkan berbagai hal. Mulai dari pemilihan kendaraan yang tepat, peta jalan yang akan dilalui, waktu, hingga bekal yang cukup. Semua itu sangat diperlukan agar lebih cepat sampai dan efisien sehingga bisa menghemat uang yang harus dikeluarkan. Dan tentunya Anda juga akan berpikir bahwa kita tidak mungkin secepat kilat untuk sampai ke tempat tujuan tersebut.

Baca juga: Cara menghitung BMI menurut WHO

Hal ini juga sama ketika Anda ingin memiliki tubuh gemuk, perlu strategi yang tepat untuk mendapatkan postur tubuh yang diinginkan, namun Anda juga tidak bisa mendapatkannya secara instan. Misalnya ingin menambah berat badan 10 kg dalam seminggu, maka itu adalah hal yang mustahil untuk dilakukan karena normalnya Anda bisa menambah sekitar 0,5 hingga 1 kg setiap minggunya.

Mengkonsumsi Lebih Banyak Lemak Agar Cepat Gemuk


Sebelum memulai, mari kita bahas beberapa kemungkinan yang menjadi kekhawatiran bagi sebagian orang dengan menggunakan cara ini. Mungkin Anda sering melihat seseorang yang makan lebih banyak dari yang dibutuhkan, tidak berolahraga dan memiliki kebiasaan tidak sehat lainnya, hingga akhirnya memiliki banyak lemak yang menumpuk pada tubuhnya. Bukan itu yang saya berikan di dalam tutorial ini, melainkan ingin memberi tips untuk membantu Anda tentang bagaimana cara menambah berat badan yang sebenarnya yaitu memperoleh lebih banyak otot bukan gemuk karena kelebihan lemak seperti beruang.

Meski begitu ini bukan berarti Anda tidak perlu mengkonsumsi lebih banyak lemak untuk mendapatkan tubuh gemuk dengan cepat. Menambah jumlah kalori pada makanan yang Anda makan untuk meningkatkan berat badan dan massa otot juga perlu mengkonsumsi lemak lebih banyak. Namun jangan khawatir, tentunya dengan diimbangi melakukan olahraga yang tepat, penumpukan lemak pada tubuh Anda bisa di minimalisir.

Jumlah Kalori Yang Dibutuhkan Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal


Pada dasarnya rumus untuk memiliki badan gemuk, itu sangat sederhana yaitu jumlah kalori yang Anda konsumsi harus lebih besar daripada jumlah kalori yang Anda bakar untuk sehari-hari. Untuk mengetahui jumlah kalori yang Anda perlukan untuk menjalani program penggemukan adalah dengan menggunakan kalkulator TDEE atau Total Daily Energy Expenditure, yaitu untuk menghitung perkiraan berapa banyak kalori yang Anda butuhkan dalam aktivitas sehari.

Caranya adalah dengan menghitung terlebih dahulu Nilai Metabolisme Basal (BMR) Anda, kemudian mengalikan nilai tersebut dengan nilai tingkat aktivitas Anda. Agar lebih mudah menghitungnnya Anda bisa menggunakan kalkulator TDEE

Seperti yang telah disebutkan di atas, kita perlu strategi yang tepat agar cepat memperoleh tubuh gemuk, di sinilah kuncinya. Ketika Anda menggunakan kalkulator TDEE, ini akan meminta Anda untuk memilih tingkat aktivitas yang paling mewakili gaya hidup Anda. Jawablah dengan jujur agar hasilnya maksimal. Jika memang Anda sangat tidak aktif dalam berolahraga, maka jumlah kalori tambahan per hari yang Anda konsumsi dari hasil kalkulator ini dapat ditebak dengan mudah yaitu berakhir menjadi lemak daripada otot.

Baca juga: Cara menambah tinggi badan dengan cepat

Setelah mendapatkan nilai TDEE Anda, tambahkan setidaknya 500 kalori pada makanan sehari-hari Anda. Misalnya hasil TDEE Anda sebesar 2,032 Itu merupakan kemungkinan jumlah kalori yang Anda butuhkan saat ini. Mulai sekarang, tambahkan jumlah konsumsi kalori Anda minimal sebesar 500, artinya Anda harus memakan kalori sebanyak 2,532. Misalnya dalam 500 kalori tambahan tersebut bisa berupa 190 gram protein, 98 gram lemak, dan 221 gram karbohidrat.

Lalu bagaimana cara mengetahui jumlah kalori yang dimakan? Itu persoalan mudah, Anda bisa melihat jumlah kalori pada setiap makanan berikut menurut Depkes RI. Meski kemungkinan tidak akurat, namun ini bisa menjadi patokan makanan apa saja yang memiliki jumlah kalori terbanyak untuk mendapatkan berat tubuh yang diinginkan. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk masak sendiri agar tahu bahwa makanan yang Anda makan dimasak dengan benar tanpa menghilangkan nutrisi yang ada di dalamanya.

tabel jumlah kalori pada makanan

Selama menjalani program penggemukan, terus tambah makanan Anda setidaknya 500 kalori dari jumlah TDEE selama beberapa minggu dan perhatikan apa yang terjadi. Jika Anda tidak merasakan perubahan berat badan Anda, tingkatkan hingga 750 atau bahkan 1000 kalori di atas TDEE Anda.

Namun, jika Anda mulai mendapatkan berat badan yang terlalu cepat, turunkan kembali ke 200 atau 300 kalori per hari. Dengan asupan kalori yang tepat dan diimbangi dengan latihan fisik, sehingga bisa memperoleh tubuh gemuk yang sehat. Anda bisa mendapatkan berat badan 0,5 hingga 1 kg dalam setiap minggu. Jika peningkatan tidak berada di kisaran tersebut, sesuaikan asupan kalori Anda.

Tips Meningkatkan Jumlah Kalori Pada Makanan


Menjalani program penggemukan merupakan sesuatu hal yang merepotkan, di mana Anda harus mengkonsumsi lebih banyak makanan, oleh karena itu pilihlah dengan bijak. Dan masalah terbesar orang ketika mencoba untuk memiliki tubuh gemuk adalah banyaknya makanan yang harus di konsumsi setiap hari sehingga membuat perut mereka selalu penuh dan banyak yang tidak sanggup untuk melakukannya.

Hal ini memang harus dilakukan untuk menambah asupan kalori, tetapi ada beberapa trik untuk mengurangi volume makanan yang harus Anda konsumsi sehingga perut Anda tidak harus selalu penuh.

Tingkatkan Kualitas Bukan Kuantitas


Meningkatkan kualitas merupakan salah satu cara untuk mencegah perut Anda selalu penuh. Yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang padat nutrisi dan tentunya kaya akan kalori. Seperti lemak yang bisa didapatkan dari minyak, kelapa, kacang-kacangan, mentega, dan sebagainya. Selain itu ada juga protein yang berasal dari biji-bijian, alpukat, daging merah, telur utuh, ikan, hingga produk susu.

Mereka adalah pilihan bagus untuk mendapatkan banyak kalori tanpa harus mengisi perut Anda sampai penuh. Dan disarankan untuk tidak memenuhi perut Anda dengan makan banyak biskuit karena mereka tidak menyediakan cukup kalori atau nutrisi untuk menaikkan berat badan. Oleh karena itu, mereka lebih direkomendasikan untuk Anda yang sedang menjalani diet atau penurunan berat badan.

Konsumsi Protein Berkualitas


Protein merupakan salah satu bagian penting untuk mendapatkan tubuh yang ideal, oleh karena itu pilihlah protein yang bersumber dari bahan berkualitas. Agar dapat memperoleh tubuh gemuk dengan cepat, pilihlah protein hewani karena berdasarkan penelitian jenis protein ini akan membuat Anda lebih cepat gemuk dibandingkan dengan protein nabati. Namun jika Anda sudah mulai mendapatkan berat badan yang diinginkan, konsumsilah protein nabati seperti kedelai, buncis dan kacang-kacangan karena mereka lebih sehat dibandingkan protein hewani.

protein dapat mempercepat gemuk

Karbohidrat juga memiliki kandungan kalori per gram yang sama dengan protein, yaitu sekitar 4 kalori per gramnya. Dan mereka jauh lebih murah. Di samping itu, mereka tidak membuat Anda merasa kenyang seperti ketika Anda mengkonsumsi protein atau lemak, sehingga Anda cenderung makan lebih banyak. Oleh karena itu, jangan takut untuk menambahkan karbohidrat lebih banyak ke makanan Anda. Untuk karbohidrat pilihlah makanan seperti mie, nasi putih, dan roti yang memiliki kandungan serat lebih rendah sehingga membuat Anda tidak cepat kenyang.

Buah dan sayuran juga merupakan salah satu sumber karbohidrat termasuk vitamin dan mineral. Di samping itu, mereka juga sumber air. Yang mana kandungan air tersebut akan membuat Anda merasa kenyang dan merasa kurang sehingga ingin memakannya kembali. Jika Anda khawatir kekurangan mikronutrien di tengah usaha untuk menambah berat badan, pertimbangkan minum multivitamin setiap hari.

Tidak Perlu Takut Lemak


Lemak sudah menjadi hal yang diharamkan di masyarakat hingga para ahli gizi menyarankan untuk menghindarinya, namun hal tersebut tidak berlaku jika Anda ingin cepat bertambah gemuk. Di samping itu, lemak merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh manusia. Mereka melindungi organ vital Anda, membantu Anda mencerna beberapa jenis vitamin, dan menjaga fungsi otak yang optimal. Lemak juga merupakan cara termudah untuk meningkatkan asupan kalori hingga dua kali lipat dibandingkan dengan protein dan karbohidrat.

Namun pilihlah sumber lemak yang padat kalori sehingga memberikan banyak energi, dan Lemak yang Anda dapatkan harus berasal dari sumber berkualitas termasuk kacang, kemiri, mentega, kacang, alpukat, potongan daging berlemak, minyak zaitun, dan keju.

Meningkatkan Massa Otot


Selanjutnya tingkatkan aktivitas Anda dengan berolahraga untuk menambah massa dan kekuatan otot, karena otot lebih berat daripada lemak jadi tubuh Anda akan bertambah berat ketika membangun otot. Sehingga bobot tubuh yang didapatkan lebih ideal dan sehat bukan gemuk karena kelebihan lemak. Dan lakukan latihan fisik minimal dua kali dalam seminggu.

memiliki tubuh gemuk dengan berolahraga

Tidak harus pergi ke gym untuk mendapatkan berat badan yang ideal sekaligus berotot. Anda juga dapat latihan fisik di rumah dengan melakukan gerakan olahraga sederhana seperti push-up, sit-up, squat hingga Pilates yang bisa Anda pelajari di YouTube. Namun dengan latihan Angkat beban, akan membuat Anda lebih cepat mendapatkan hasilnya, di samping itu angkat beban juga dapat meningkatkan kadar hormon testosteron.

Latihan Aerobik


Melakukan aktivitas aerobik secara teratur tidak akan berpengaruh dalam mendapatkan tubuh gemuk dengan cepat, namun ini akan membantu menyeimbangkan rutinitas latihan fisik Anda. Selain itu, latihan kardiovaskular juga memiliki manfaat yang dapat mendukung memperoleh berat badan yang sehat. Diantaranya memperkuat jantung Anda, memperbaiki atau mengelola beberapa kondisi kesehatan kronis seperti tekanan darah tinggi atau diabetes, dan memberi Anda lebih banyak stamina sepanjang hari.

Sedangkan latihan kardiovaskular meliputi jogging atau berjalan kaki, bersepeda, berenang atau hiking. Jika Anda melakukan latihan aerobik dan mengalami kesulitan mempertahankan berat badan Anda, Anda mungkin perlu mengurangi intensitas, frekuensi, atau durasi latihan aerobik Anda. Melakukan latihan seperti ini selama 20 menit saja juga bisa memberikan hasil yang sangat besar, jadi tidak ada alasan untuk tidak melakukan karena tak ada waktu.

Istirahat Yang Cukup


Tidur adalah bagian penting dari proses pemulihan. Otot-otot Anda tidak tumbuh ketika Anda ketika latihan fisik, namun mereka tumbuh ketika Anda sedang beristirahat. Oleh karena itu, pastikan Anda tidur dan istirahat yang cukup untuk meningkatkan pertumbuhan massa otot dari usaha keras latihan fisik Anda. Kurang tidur seiring waktu juga dapat meningkatkan kadar kortisol Anda. Di mana kortisol adalah hormon stres yang diproduksi oleh kelenjar adrenalin Anda yang dapat menstimulasi kerusakan otot, sehingga menyebabkan berkurangnya massa otot dan berat badan. Istirahat yang cukup merupakan salah satu cara yang baik untuk mengurangi kortisol.

Itulah cara untuk mendapatkan tubuh ideal yang sebenarnya, memang program menggemukkan badan membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mencatat semua hal baik yang telah Anda lakukan. Agar bisa melacak hasil dari usaha Anda, mulai dari makanan, latihan, dan hasil berat badan yang diperoleh. Semua perubahan bisa Anda lihat di cermin, dan rasakan bagaimana keadaan tubuh Anda. Apakah merasa lebih gemuk atau sama sekali tidak ada perubahan.

Baca juga: Cara menambah berat badan dengan cepat dan alami
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,10,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: TDEE: Cara Menambah Berat Badan Yang Sebenarnya
TDEE: Cara Menambah Berat Badan Yang Sebenarnya
Tdee adalah adalah kalkulator untuk menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan oleh orang dalam menjalani aktivitas sehari, dengan ini maka Anda dapat menambah berat badan dengan cepat dan alami tanpa obat.
https://3.bp.blogspot.com/-6T431X6s26g/W8tvXNVPUtI/AAAAAAAACKA/-hHMVo2RiqAGRnGsMflLjW7CkZanQuDDACLcBGAs/s1600/menambah-berat-badan.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-6T431X6s26g/W8tvXNVPUtI/AAAAAAAACKA/-hHMVo2RiqAGRnGsMflLjW7CkZanQuDDACLcBGAs/s72-c/menambah-berat-badan.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2018/10/cara-menambah-berat-badan-yang-sebenarnya.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2018/10/cara-menambah-berat-badan-yang-sebenarnya.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy