10 Cara Menghemat Listrik Dengan Cerdas

Cara menghemat listrik
Seiring pesatnya perkembangan teknologi, Kebutuhan energi semakin hari semakin tinggi. Termasuk energi listrik yang sudah menjadi bagian kehidupan manusia yang tak terpisahkan.

Hal ini tentunya akan menambah ketergantungan kita terhadap listrik, meski Tarif Dasar Listrik (TDL) di negara kita masih relatif murah namun jika di akumulasikan dari penggunaan setiap harinya selama sebulan tentunya akan membebani uang belanja. Untuk itu dibutuhkan kecerdasan dalam menghemat listrik agar tidak terlalu terbebani dengan tunggakan yang harus dibayar.

Bagi Anda yang mengalami masalah dengan membengkaknya setoran listrik yang harus dibayar setiap bulan, berikut adalah 10 cara menghemat listrik dengan cerdas!

1. Biasakan Mematikan Peralatan Listrik Dari Kabelnya

Beberapa orang memiliki kebiasaan mematikan alat-alat listrik seperti televisi hanya dari tombol powernya saja dan membiarkan kabel tetap terhubung pada stopkontak dalam waktu yang lama. Apakah ini juga terjadi pada Anda? Jika iya pastikan Anda menghentikan kebiasaan ini. Perangkat akan memakan daya hingga 7% dari penggunaan normal. Meski relatif kecil tentunya jika dijumlahkan selama sebulan tentunya berkontribusi pada meningkatnya beban tagihan yang harus dibayarkan.

Selain itu, kebiasaan sepele seperti membiarkan charger ponsel atau laptop tetap terpasang juga perlu dihentikan. Jika Anda malas melakukannya, Anda bisa mengakalinya dengan menggunakan stopkontak yang ada saklarnya. Jadi ketika menggunakan atau mematikan perangkat cukup menekan saklar saja tanpa harus mencabut atau memasang kembali kabel pada stopkontak.

2. Beralihlah Menggunakan Lampu LED 

Meski harga lampu LED dua kali lebih mahal dari lampu biasa. Namun jenis lampu ini menggunakan daya watt lebih rendah dibandingkan lampu hemat energi biasa. Selain itu, cahaya yang dihasilkan dari lampu LED juga lebih terang jika dibandingkan lampu hemat energi dengan jumlah watt sama.
lampu LED
Selain itu, jenis lampu ini juga dipercaya lebih awet dan tahan lama. Jadi tidak ada salahnya untuk membayar lampu dengan harga yang lebih tinggi asalkan lebih hemat listrik dan Anda tidak perlu sering mengganti lampu, anggap saja itu sebuah investasi.

3. Gunakan Kabel Berkualitas Tinggi dan Seefisien Mungkin 

Kualitas dan ukuran kabel yang digunakan juga turut berpengaruh dalam hal mengalirkan listrik. Penggunaan kabel berkualitas tinggi akan memungkinkan memperkecil potensi hambatan dan hilangnya aliran listrik di tengah jalan jika dibandingkan kabel berkualitas rendah yang juga mudah patah akibat terlalu lama kepanasan akibat dari aliran listrik.

Selain itu, pastikan juga menggunakan kabel seefisien mungkin, hindari penggunaan kabel yang penuh sambungan ataupun gulungan karena kelebihan juga berpotensi adanya hambatan yang bisa menyebabkan hilangnya aliran listrik di tengah jalan.
[post_ads]

4. Matikan Lampu di Waktu Tertentu 

Kebiasaan menyalakan lampu pada siang hari merupakan sebuah pemborosan. Pada dasarnya kita dapat mengandalkan sinar matahari sebagai sumber penerangan di siang hari. Untuk itu, pastikan menyalakan lampu hanya pada malam hari saja.
Buat ruangan di rumah lebih terang
Jika ruangan di rumah Anda terasa gelap di siang hari, cobalah untuk menggunakan atap yang tembus cahaya. Pastikan juga Anda bijak dalam menggunakan lampu, misalnya jika seluruh anggota keluarga dalam satu ruangan pada saat malam seperti ruang keluarga, Anda bisa mematikan lampu kamar karena tidak membutuhkannya. Anda juga perlu mematikan lampu utama pada ruangan yang kurang penting ketika di jam tidur di malam hari yaitu sekitar jam 22.00 hingga pagi atau bisa juga dengan mengganti lampu dengan watt lebih kecil.

5. Gunakanlah AC Dengan Bijak 

AC (Air Conditioner) merupakan salah satu peralatan elektronik yang mengkonsumsi daya terbesar. Yang tentunya akan mempengaruhi jumlah tagihan listrik di rumah Anda. Dengan penggunaan AC secara tepat tentunya bisa menghemat daya listrik.

Jika di rumah Anda menggunakan AC, cobalah memilih AC hemat energi yang disertai kemampuan untuk menaikkan suhu atau mati secara otomatis ketika ruangan sedang di isi beberapa orang atau bahkan tidak ada orang saja sehingga Anda tak perlu mendinginkan ruangan yang efeknya tidak akan dirasakan siapa-siapa. Hindari mengatur AC dengan suhu terkecil karena hal ini dapat membuat tagihan listrik Anda membengkak. Matikan AC jika memang Anda benar-benar tidak membutuhkan.

6. Matikan Kipas Angin Ketika Tidur Di Malam Hari

Hindari kebiasaan tidur dengan berbagai peralatan elektronik masih dalam keadaan menyala. Seperti TV, lampu, kipas angin, ataupun meninggalkan ponsel yang sedang mengisi ulang baterai. Jika Anda memiliki kebiasaan menggunakan kipas angin ketika tidur di malam hari, ada baiknya hentikan kebiasaan ini.

Karena selain akan meningkatkan jumlah pemakaian listrik, kebiasaan ini juga memiliki efek tidak baik bagi tubuh seperti menyebabkan hipotermia hingga kematian. Sudah banyak kasus kematian akibat dari menggunakan kipas angin ketika tidur. Jika memang Anda kurang nyaman dengan merasa panas sebelum tidur, gunakanlah kipas angin yang dilengkapi kemampuan mati secara otomatis.

7. Pakailah Setrika Dengan Fitur Otomatis 

Setrika merupakan salah satu peralatan elektronik rumah tangga dengan ukuran kecil. Namun pemakaiannya membutuhkan daya listrik yang relatif besar, hingga banyak listrik di rumah yang tidak kuat akibat penggunaan setrika bersamaan dengan peralatan lainnya seperti kulkas atau pompa air.

Salah satu cara untuk menghemat listrik dari penggunaan setrika adalah dengan menggunakan setrika yang memiliki pengatur panas otomatis. Setrika jenis ini akan mati dengan sendirinya jika suhu sudah cukup panas sesuai pengaturan yang diinginkan. Selain itu, sesuaikan juga panas yang digunakan dengan bahan pakaian yang Anda setrika. Fitur ini sudah cukup lama disematkan pada setrika dan dijual dengan harga terjangkau di pasaran.

8. Gunakan Penampungan Air

Jika di rumah Anda menggunakan pompa untuk mengambil air dari sumur pribadi yang digali di bawah tanah, pertimbangkan untuk menggunakan penampungan air yang terhubung langsung dengan pompa bila Anda hanya menggunakan ember atau bak berukuran kecil untuk mengurangi frekuensi penggunaan pompa air. Pompa air juga merupakan salah satu peralatan yang menggunakan daya listrik yang besar.
[post_ads_2]
Selain itu jika Anda menggunakan pompa air dengan fitur otomatis, pastikan untuk tetap mematikannya melalui sakelar. Karena jika tidak, pompa kemungkinan akan menyala dengan sendirinya akibat kehilangan tekanan dalam pipa yang bisa saja bocor. Tentunya ini akan membuat tagihan listrik membengkak akibat terbuang percuma.

9. Lebih "Cerdas" Menggunakan Rice Cooker

Jika Anda pengguna Rice Cooker atau biasa di sebut magic com ataupun magic jar untuk menanak nasi. Mungkin biasanya menggunakan air dingin ketika akan memasak nasi dari alat ini. Cobalah untuk menggantinya dengan menggunakan air panas. Dengan begitu proses memasaknya akan lebih cepat dibandingkan menggunakan air dingin. Karena tidak memerlukan pemanasan air yang memakai daya listrik besar.

Jika sudah selesai (matang) biasanya akan secara otomatis beralih ke mode warm, jangan biarkan untuk tetap menyala. Matikanlah rice cooker dengan mencabut kabel dari steker agar tidak menggunakan listrik secara berlebih. Anda bisa menyalakan kembali bila nasi sudah dingin untuk mencegah basi. Perlu Anda ketahui, nasi yang dimakan dalam keadaan hangat memiliki kandungan glukosa lebih tinggi dibandingkan dengan keadaan dingin. Tentunya ini akan membuat Anda lebih sehat dan lebih hemat listrik.

10. Pilihlah Peralatan Elektronik Sesuai Kebutuhan 

Jika Anda memilih peralatan listrik dengan penggunaan daya besar seperti kulkas dan mesin cuci karena dengan kapasitas yang lebih besar tentunya lebih besar pula daya yang diperlukan untuk mengoperasikannya.

Untuk mesin cuci, sesuaikan kapasitas mesin cuci dengan jumlah pakaian Anda sehari-hari. Di samping itu, usahakan untuk mencuci pakaian tidak melebihi kapasitas dari spesifikasi mesin cuci yang digunakan. Karena dengan begitu, beban mesin cuci akan bertambah berat dan otomatis daya listrik yang digunakan pun akan lebih besar.

Perhatikan pula dengan penggunaan lemari pendingin (kulkas), pastikan untuk selalu mengisi kulkas dengan penuh karena kulkas yang kosong akan membuat mesin akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu dengan banyaknya ruang kosong yang ada di dalam kulkas. Dibandingkan dengan kulkas yang terisi penuh yang tentunya temperatur di dalamnya tetap stabil dan terjaga karena suhu barang yang tersimpan di dalam.

Oleh karena itu, pertimbangkan untuk mengatur ke suhu yang lebih tinggi jika memang kulkas Anda kosong. Namun jangan juga mematikannya karena mesin juga akan lebih bekerja keras untuk mengembalikan suhu yang telah hilang akibat di matikan. Yang tentunya menggunakan daya lebih besar serta freon yang boros sehingga menyebabkan lebih cepat rusak.

Hindari pula kebiasaan membuka pintu kulkas untuk jangka waktu yang lama karena mesin akan bekerja lebih keras untuk mengembalikan suhu dingin yang keluar di dalam dan di luar kulkas yang akhirnya akan menggunakan lebih banyak listrik.

Itulah 10 cara untuk menghemat listrik secara alternatif yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda. Mengingat bumi kita juga sudah cukup tua dan banyaknya isu tentang penghematan energi yang sedang gencar di kampanyekan.

Sudah menjadi keharusan bagi kita untuk turut berpartisipasi dalam penghematan penggunaan energi listrik. Selain untuk kepentingan anak cucu kita nantinya agar bisa menggunakan energi-energi ini. Kita juga bisa dibebaskan dari biaya tagihan yang meningkat dan bisa mengalokasikan dana untuk kepentingan lain yang masuk dalam daftar prioritas kebutuhan Anda.
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,10,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: 10 Cara Menghemat Listrik Dengan Cerdas
10 Cara Menghemat Listrik Dengan Cerdas
Kita juga bisa dibebaskan dari biaya tagihan yang meningkat dan bisa mengalokasikan dana untuk kepentingan lain yang masuk dalam daftar prioritas kebutuhan Anda.
https://1.bp.blogspot.com/-c79VB3QCluY/W5bX6iCSOiI/AAAAAAAAACU/YKDD8AxVvBoJuOTGlIuwFd1xVrttZNDngCLcBGAs/s320/Cara_menghemat_listrik_londook.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-c79VB3QCluY/W5bX6iCSOiI/AAAAAAAAACU/YKDD8AxVvBoJuOTGlIuwFd1xVrttZNDngCLcBGAs/s72-c/Cara_menghemat_listrik_londook.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2018/09/cara-menghemat-listrik.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2018/09/cara-menghemat-listrik.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy