8 Cara Agar Lulus Tes CPNS 2018

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan salah satu pekerjaan yang diminati oleh banyak orang. Karena di samping bisa berkontribusi dan menjalankan fungsi negara, ada banyak hal menggiurkan yang membuat pekerjaan ini banyak diburu. Seperti gaji yang besar, tidak terikat kontrak, tempat bekerja yang nyaman, hingga banyaknya tunjangan seperti hari tua, hari raya hingga kesehatan.
Cara agar lulus tes CPNS 2018

Beruntung, tahun 2018 ini pemerintah membuka lowongan CPNS besar-besaran dengan menyediakan sekitar 238.015 lowongan di mana lowongan kerja CPNS tersebut dibuka untuk lulusan SMA sederajat, S1, S2 dan D3. Di samping itu ada juga dari formasi khusus seperti sarjana cumlaude, diaspora, atlet berprestasi internasional, penyandang disabilitas, eks tenaga honorer, hingga putra-putri Papua.

Untuk pendaftaran bisa dilihat di sscn.bkn.go.id yang sebelumnya direncanakan pada 19 September kemarin namun diundur menjadi tanggal 26 September. Jadi Anda masih punya waktu untuk menyiapkan berkas persyaratan seperti SKCK dari polres (bukan dari polsek), ijazah dari SD hingga pendidikan terakhir dan sebagainya. Pendaftaran CPNS 2018 sepenuhnya gratis tidak dipungut biaya apapun. Jadi pastikan Anda menghindari dan laporkan segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan pemerintah penyelenggara tes CPNS. Sedangkan untuk pengumuman penerimaan CPNS juga bisa di baca di masing-masing situs instansi terkait.

Baca juga : Cara scan dokumen menggunakan ponsel Android

Untuk posisi keseluruhan sendiri bisa dilihat di sscn.bkn.go.id/lowongan Karena jumlahnya cukup banyak dan tergantung kebutuhan masing-masing instansi setiap daerah. Dengan lowongan sebanyak itu, tentunya ada kesempatan besar bagi Anda untuk meraih kesuksesan menjadi seorang PNS. Namun untuk menjadi bagian dari alat negara tersebut bukanlah suatu hal yang mudah karena ada banyak proses seleksi yang harus kita hadapi mulai dari Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), kesehatan hingga wawancara.
[post_ads_2]
Untuk setiap tahapan seleksi CPNS juga ada banyak yang perlu Anda ketahui, mulai dari penggunaan sistem Assisted Computer Test (CAT), ambang batas atau passing grade, hingga jenis soal yang diujikan. Kita mulai dari SKD, seperti tes CPNS sebelumnya proses seleksi di tahun 2018 ini juga menggunakan sistem CAT atau Computer Assisted Test di mana sistem ini sebagai pengganti sistem manual. Tujuan dari penggunaan sistem CAT adalah agar proses seleksi CPNS lebih bersifat terbuka dan transparan karena hasil tes bisa kita lihat secara langsung dan cepat. Sehingga dapat dipastikan mengurangi resiko adanya kemungkinan kebocoran soal yang dapat disebarluaskan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Proses seleksi tes cpns 2018

Untuk tes SKD sendiri setiap peserta harus mengerjakan 100 soal yang terdiri dari atas soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 30 soal, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 35 soal yang harus Anda kerjakan dalam waktu 90 menit, itu artinya Anda mempunyai waktu 1 menit kurang untuk menyelesaikan setiap soalnya. Di mana untuk ambang batas (passing grade) Nilai SKD memiliki bobot 40 persen, sedangkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) bobotnya 60 persen. Berikut rincian Tes Kompetensi Dasar (TKD) pada CPNS 2018:

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 

TWK bertujuan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan dalam mengimplementasikan sifat nasionalisme, bela negara, integritas, pilar bangsa, bahasa Indonesia, Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI. Untuk NKRI sendiri mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peran bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, serta kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar. Tentunya ini cukup penting bagi seorang PNS, dan sangat konyol jika pegawai negara namun tidak memiliki pengetahuan tentang asal-usul bangsanya. Anda akan mendapatkan 5 poin untuk menjawab setiap soal yang benar sedangkan yang salah nilainya nol (0).

2. Tes Inteligensia Umum (TIU)

Selanjutnya adalah Tes Inteligensia Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk mengukur intelegensi dari para peserta seleksi CPNS. Tes TIU meliputi kemampuan verbal atau kemampuan dalam menyampaikan informasi baik secara lisan maupun tulisan. Selain itu, kemampuan numerik, atau kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

Di tes TIU juga dimaksudkan untuk mengukur kemampuan figural, yaitu kemampuan yang berhubungan dengan kecepatan seseorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram. Selain itu juga menilai kemampuan berpikir logis atau penalaran secara runtut dan sistematis, serta kemampuan berpikir analisis, atau kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Sama seperti tes TWK, dari setiap jawaban yang benar pada kelompok soal ini akan mendapat nilai 5, sedangkan yang salah nilainya nol (0). Berikut jenis soal yang digunakan pada kelompok tes TIU tersebut :

1. Tes Analisa Verbal
  • Sinonim (Persamaan Kata)
  • Antonim (Lawan Kata)
  • Pengelompokan Kata 
  • Padanan Hubungan Kata
2. Tes Analisa Numerik
  • Aritmetika 
  • Seri Angka
  • Seri Huruf
  • Logika Angka
  • Angka dalam Cerita
3. Tes Logis dan Analitis
  • Logika Umum
  • Analisa Pernyataan
  • Kesimpulan Silogisme
  • Logika Cerita

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 

Kelompok soal ketiga adalah Tes Karakteristik Pribadi (TKP) soal-soal dalam kelompok soal ini mencakup hal-hal terkait dengan orientasi pada pelayanan publik, sosial budaya, teknologi informasi dan komunikasi, profesionalisme, jaringan kerja, integritas diri serta semangat berprestasi.

Selain itu tes ini juga akan menilai tingkat kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, bekerja secara mandiri dan tuntas. Serta kemauan dan kemampuan belajar secara berkelanjutan, bekerjasama dalam team, serta kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain.

Berbeda dengan dua kelompok soal sebelumnya yaitu TWK dan TIU, di kelompok soal TKP ini tidak ada jawaban yang salah. Artinya jawaban paling benar akan mendapat nilai terbesar yaitu 5 poin, sehingga tidak ada nilai nol (0) untuk setiap jawaban. Oleh karena itu, pastikan Anda menjawab semua soal TKP tanpa terkecuali.

Passing Grade CPNS 2018

Agar dapat lolos ke tahap selanjutnya, peserta Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) harus melampaui nilai ambang batas (passing grade) seperti yang diatur dalam Peraturan Menteri PANRB No. 37/2018 mengenai Nilai Ambang Batas SKD Pengadaan CPNS 2018.

Di mana Passing grade bagi peserta SKD dari formasi jalur umum sama seperti tahun lalu, yaitu 75 untuk TWK, 143 untuk TKP dan 80 untuk TIU. Sedangkan untuk pelamar dari formasi khusus yang tahun lalu menggunakan sistem perangkingan, kali ini jumlah akumulasi dan nilai TIU ada batas minimalnya. Untuk pelamar dari formasi sarjana cumlaude dan diaspora, akumulasi nilai paling sedikit 298 dengan nilai TIU minimal 85.

Baca juga : Tips agar sukses tes wawancara kerja

Sedangkan bagi penyandang disabilitas, nilai kumulatifnya 260, dengan TIU minimal 70. Putra-putri Papua dan Papua Barat nilai akumulatifnya 260 dengan TIU minimal 60. Kemudian untuk eks tenaga honorer K-II, nilai akumulatif minimal 260 dan TIU minimal 60. Sementara untuk peserta seleksi dari olahragawan berprestasi internasional, nilai terendah merupakan nilai ambang batas hasil dari SKD.

Ditambahkan, Permen PANRB No. 37/2018 ini juga mengatur adanya pengecualian untuk beberapa jabatan. Untuk dokter spesialis dan instruktur penerbang nilai kumulatif minimal 298, dengan nilai TIU sesuai dengan passing grade. Sedangkan untuk jabatan juru ukur, rescuer, ABK, pengamat gunung api, penjaga mercusuar, pawang hewan dan penjaga tahanan, akumulasi nilainya paling sedikit 260 dengan nilai TIU minimal 70.

Cara Agar Lolos Tes CPNS 2018

Bagi Anda yang berniat mendaftar CPNS 2018 dan benar-benar ingin sukses seleksi berikut saya berikan tips agar lolos seleksi CPNS :

1. Jaga kondisi kesehatan fisik dan mental, hal ini cukup penting untuk mendorong Anda agar sukses menghadapi tes. Oleh karena itu persiapkan fisik sedini mungkin dengan istirahat yang cukup dan makanan kaya nutrisi agar Anda dapat berkonsentrasi secara penuh saat belajar. Seringkali seseorang sebenarnya mampu untuk mengerjakan tes. Namun, dengan kondisi tubuh yang tidak prima tentunya dapat mempengaruhi hasil psikotes.
[post_ads]
Di samping itu, Anda juga harus yakin terlebih dulu, bahwa posisi pekerjaan yang
akan dipilih itu benar-benar sesuai dengan kemampuan dan keinginan Anda karena Anda tidak bisa memilih lebih dari satu formasi tes CPNS. Pastikan untuk selalu berpikir positif dan yakin serta percaya diri terhadap kemampuan yang Anda miliki. Hilangkan perasaan cemas atau khawatir dalam diri Anda, maka Anda akan lebih tenang dan
siap dalam mengerjakan semua tes yang dihadapi. Sehingga tidak menggunakan cara curang yang justru akan merugikan diri Anda sendiri.

2. Sempatkan untuk belajar, kecuali jika memang Anda hanya menjadi penyemarak tes CPNS saja. Luangkan waktu setidaknya seminggu sebelumnya untuk latihan soal. Disarankan agar belajar lebih fokus pada latihan soal dan baca buku materi jika ada soal yang belum paham. Karena kurang efektif dan materinya terlalu luas yang tentunya Anda tidak akan mampu untuk mempelajari kembali materi PKN dan sejarah dari tingkat dasar (SD) hingga SMA untuk waktu saat ini.

Anda dapat latihan simulasi CAT online di website resmi BKN, karena sistemnya hampir sama seperti tes pada aslinya di mana diberi waktu dan Anda dapat melihat skor dan soal yang belum dijawab. Terlebih tidak ada batasan dan bebas mau seberapa sering Anda ikut simulasi. Hanya saja disarankan untuk mengikutinya pada malam hari agar terhindar server mengalami down karena di saat sekarang dipastikan ada banyak orang yang menggunakan situs tersebut.

3. Manfaatkan sesuatu hal yang bisa dimanfaatkan, selain situs simulasi tes CAT CPNS BKN Anda juga bisa memanfaatkan Google Book untuk melihat berbagai buku yang yang memuat tes CPNS baik secara gratis ataupun berbayar. Selain itu, biasanya di buku-buku tersebut juga terdapat tips dan trik beserta pembahasannya sehingga lebih memperkaya pemahaman mengenai tes CPNS.

Anda juga dapat menggunakan KBBI online untuk mencari dan mempelajari bahasa yang bersifat asing, karena di tes TIU sebagian besar menggunakan kata-kata asing seperti egaliter, otoriter,  artifisial, perspektif dan masih banyak lagi. Selain itu Anda juga perlu mempelajari pengetahuan umum lainnya seperti bangunan terkenal, para penemu, dan hal-hal yang berkaitan dengan sains karena sering muncul di pengelompokan kata.

4. Baca dan pahami tentang isi UUD 1945, Piagam Jakarta dan butir-butir Pancasila beserta pengamalannya. Di sini Anda tidak perlu hafal, namun cukup tahu dan pahami garis besar masing-masing pasal saja.

5. Di hari tes pastikan jangan datang terlambat karena jumlah peserta yang banyak hingga mencapai ratusan ditambah dengan alurnya yang agak panjang mulai dari absen hingga pengambilan pin sampai akhirnya diperbolehkan masuk. Di sini tentunya Anda akan bisa kehilangan konsentrasi akibat panjangnya antrean, untuk itu pastikan sarapan dan banyak minum air putih.

6. Jangan lupa waktu, di saat mengerjakan tes pastikan Anda tidak dilalaikan oleh keasyikan memecahkan setiap soal. Karena waktu yang diberikan cukup singkat yaitu 90 menit untuk 100 nomor, itu artinya Anda memiliki waktu kurang dari 1 menit untuk menyelesaikan setiap soal.

Jadi kerjakan dengan cepat terutama saat mengerjakan TIU di mana bacaannya lumayan panjang dan menguras waktu. Jika mendapati soal sulit lewati terlebih dahulu dan kerjakan yang termudah karena Anda masih dapat menjawabnya kembali karena akan ketahuan di layar monitor mana soal yang belum dijawab dan sudah terjawab.

7. Buatlah target tinggi, untuk memacu motivasi kesukesan Anda di tes CPNS buatlah capaian target SKD setinggi mungkin, namun tentunya harus dibarengi dengan memperbanyak soal latihan terutama di simulasi CAT BKN. Agar Anda benar-benar paham tentang soal-soal tes CPNS yang akan dihadapi. Dengan memperoleh passing grade tinggi, tentunya SKD ini bakal terpakai untuk akumulasi dan mengamankan posisi Anda di proses tahap selanjutnya.

8. Pertimbangkan untuk salat tahajud, jika Anda seorang muslim dan benar-benar ingin lulus tes CPNS pastikan untuk mengerjakan salat malam di sepertiga malam terakhir. Karena itu jauh lebih baik jika Anda percaya tentang dukun dan "jimat", ingat mempercayai dan meminta pertolongan kepada sesuatu hal lain selain Allah SWT seperti dukun dan jimat merupakan syirik, dan salah satu dosa besar yang sulit untuk diampuni.

Selain itu Anda juga akan diperiksa barang-barang yang dibawa ketika memasuki ruangan tes, jadi apapun barang yang tidak berguna selain alat tulis akan disita. Bahkan bisa di diskualifikasi akibat hal konyol tersebut. Jadi, optimis dan percaya dirilah kunci kesukesan dalam tes CPNS. Dan jika berencana untuk melaksanakan salat malam pastikan untuk mulai setidaknya satu bulan sebelum tes agar mendapat hasil maksimal daripada melaksanakannya di malam hari sebelum tes dilaksanakan.

Itulah sedikit informasi mengenai tes beserta tips agar lulus masuk tes CPNS 2018. Jadi tidak ada rahasia atau trik lain yang bisa membuat kita lebih mudah diterima menjadi PNS. 
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,10,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: 8 Cara Agar Lulus Tes CPNS 2018
8 Cara Agar Lulus Tes CPNS 2018
Berikut adalah cara rahasia agar lulus tes masuk CPNS 2018 dengan mudah beserta penjelas mengenai passing grade yang harus di capai oleh peserta seleksi
https://4.bp.blogspot.com/-V8uZHqyxv7M/W6frmgRe3aI/AAAAAAAACDw/EHM98i4g7gQO6xkbDfD-2RFup0Pdab8iACLcBGAs/s400/Cara-agar-lulus-tes-cpns.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-V8uZHqyxv7M/W6frmgRe3aI/AAAAAAAACDw/EHM98i4g7gQO6xkbDfD-2RFup0Pdab8iACLcBGAs/s72-c/Cara-agar-lulus-tes-cpns.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2018/09/cara-agar-lulus-tes-cpns-2018.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2018/09/cara-agar-lulus-tes-cpns-2018.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy