Cara Scan Dokumen di Android Menggunakan CamScanner

cara menggunakan camscanner
Jika Anda sedang melamar pekerjaan secara online dan diminta untuk mengirimkan berkas dokumen persyaratan administrasi dalam bentuk digital seperti kartu identitas KTP, transkrip nilai dan lainnya namun tidak punya alat scanning, Anda tidak perlu bingung dan pergi keluar untuk mencari scanner karena alat tersebut sudah ada di genggaman Anda.

Cukup manfaatkan fitur kamera yang ada di smartphone yang Anda punya, tapi bukan berarti menggunakan aplikasi kamera default karena itu bukan ide yang bagus dan hasilnya seperti foto biasa serta tampak kurang menarik. Untuk itu Anda harus menginstal dan menggunakan aplikasi yang dirancang khusus untuk scanning.

Salah satunya adalah dengan menggunakan Camscanner, aplikasi ini merupakan freemium dan cukup handal serta memiliki banyak kelebihan dan fitur. Seperti mengonversi ke dalam format PDF, di mana format ini banyak digunakan oleh perusahaan untuk keperluan merekrut karyawan secara online.

Baca juga : Aplikasi scanner dokumen terbaik untuk smartphone

Berikut adalah bagaimana cara menggunakan CamScanner untuk scan dokumen atau tulisan.

Cara Menggunakan CamScanner Untuk Scan Dokumen Melalui Ponsel Android


1. Instal CamScanner melalui Google Play Store untuk Android atau AppStore untuk iPhone

2. Selanjutnya jalankan CamScanner, di sini kita bisa masuk atau mendaftar, jika mendaftar Anda bisa kolaborasi atau membagikannya dengan teman serta mendapat penawaran khusus untuk siswa & guru dengan email .edu untuk mendapatkan ruang penyimpanan awan 400M secara gratis sehingga tidak perlu takut dokumen hilang. Atau jika tidak bisa pilih menggunakan langsung.

cara menggunakan camscanner

3. Tap ikon kamera untuk mengambil gambar dokumen

4. Anda akan menemukan beberapa opsi, seperti untuk mode ada dua yaitu batch mode dan single mode. Untuk batch mode digunakan untuk mengambil gambar dokumen lebih dari satu secara berurutan dan single mode mengambil hanya satu dokumen, namun keduanya sama saja.

Ada tiga jenis data yang bisa diambil diantaranya dokumen biasa, id card dan barcode, namun untuk id card hanya tersedia untuk versi premium. Serta opsi pengaturan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan seperti flash, resolusi dan lainnya.
[post_ads]
5. Selanjutnya setelah posisi subjek sudah pas, ketuk ikon centang untuk memproses ke tahap berikutnya. Agar hasilnya maksimal pastikan posisi perangkat stabil dan sejajar di atas dokumen yang akan di scan Anda juga bisa menggunakan buku atau benda datar lainnya sebagai pangkuan ponsel agar menjaga perangkat tetap stabil.

Selain itu, pastikan juga kamera fokus dan pencahayaan baik, disarankan menggunakan cahaya luar karena jika dengan sinar flash yang ada di ponsel akan memantul sehingga hasilnya silau.

6. Kemudian atur rotasi dan area yang akan dipotong seperti tepat di tepi dokumen.

cara menggunakan camscanner

7. Anda juga dapat menyesuaikan warna kontras seperti Auto, Original, Lighten, Gray Mode, Magic Color, dan Hitam Putih. Pilih yang terbaik dan jelas. Serta memindai semua teks untuk disalin, namun fitur ini hanya bisa untuk versi premium.

8. Setelah semuanya selesai tap ikon centang, sampai di sini sudah selesai.

Baca juga : 8 cara agar lulus tes CPNS

9. Jika ingin mengubah menjadi PDF, cari folder dan dokumen selanjutnya tap ikon PDF. Tunggu beberapa saat hingga selesai.

Namun jika kita mengubah menjadi PDF secara langsung melalui aplikasi CamScanner hasilnya tampak kurang rapi terutama pada dokumen yang memiliki warna lebih rumit seperti kartu identitas, dan juga terdapat watermark berupa tulisan "scanned by CamScanner" sehingga terlihat kurang profesional. Seperti yang Anda lihat di bawah ini.

Hasil scan camscanner dan konversi ke PDF

Jika Anda punya banyak anggaran mungkin bisa membeli versi premium seharga $4.99. Namun jika tidak, jangan khawatir karena saya punya tips untuk itu, kita hanya perlu memberi sedikit sentuhan kreatifitas dan waktu lebih untuk menangani semua itu termasuk menghilangkan watermark tersebut.

Kali ini saya menggunakan kartu identitas yaitu KTP karena memiliki warna lebih rumit, jika dokumen biasa seperti teks dengan kertas warna putih bisa langsung ke melompati tahap 5 di bawah.
[post_ads_2]
Untuk caranya sama seperti yang sudah dijelaskan di atas hanya saja pemotongannya dibuat melebihi lebar, tidak tepat di tepi karena akan dipotong menggunakan alat lain. Sedangkan untuk warna bisa original atau lighten karena keduanya tampak lebih baik.

1. Pertama yang harus Anda lakukan adalah menyimpan dokumen ke galeri dalam bentuk gambar JPEG. Pilih dan tahan dokumen yang ingin dibuat, tap save to gallery.

2. Selanjutnya kita potong bagian luar dokumen terlebih dahulu menggunakan editor foto untuk mengganti warna menjadi putih (mengikuti warna kertas). Saya menggunakan aplikasi StickIt! karena alat ini bekerja cukup baik dalam penghapusan background foto.

3. Jalankan StickIt!, lalu pilih dokumen foto yang telah disimpan sebelumnya. Pilih Smart Cut, potong background foto. Untuk lebih jelasnya bisa melihat caranya dengan memutar video tutorial, tombolnya ada di sudut kiri atas.

Menghilangkan watermark di camscanner

4. Setelah selesai, buang outline dengan pada tab style. Dan pilih background berwarna putih, jika sudah simpan.

5. Selanjutnya kita gunakan aplikasi office, saya menggunakan WPS office, buat lembar kerja word. Kemudian cari tab sisipkan > gambar dan atur posisi dan ukuran gambar sesuai kebutuhan.

cara menggunakan camscanner

6. Jika sudah selesai, buka pratinjau dan cek pastikan semua sudah rapi. Lalu buka menu alat dan pilih ekspor ke PDF.

7. Untuk pembuatan dokumen PDF sekarang sudah selesai, bagaimana? Jauh lebih rapi bukan? Dan tentunya tidak ada watermark.

Baca juga : Aplikasi office terbaik untuk Android

Namun dengan cara tersebut ukuran menjadi lebih besar, oleh karena itu kita perlu mengompresnya menggunakan kompresor PDF yang banyak ditemukan di internet hingga 6 persen dari ukuran aslinya tanpa mengurangi kualitas.

Itulah tutorial singkat mengenai cara menggunakan CamScanner dan mengubah dokumen menjadi PDF. Dengan melakukan cara tersebut tentunya dapat menghemat waktu dan biaya untuk mencari alat scanning.
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,11,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: Cara Scan Dokumen di Android Menggunakan CamScanner
Cara Scan Dokumen di Android Menggunakan CamScanner
Cara Menggunakan CamScanner Untuk Scan Dokumen Melalui Android dan cara menghapus watermark di camscanner
https://4.bp.blogspot.com/-HlOuoQnOx4A/WY980hghJ2I/AAAAAAAAB7o/13nGKTDLhyELzR1ERPTccHhQNpb5eWuigCLcBGAs/s1600/cara-scan-dokumen-menggunakan-ponsel.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-HlOuoQnOx4A/WY980hghJ2I/AAAAAAAAB7o/13nGKTDLhyELzR1ERPTccHhQNpb5eWuigCLcBGAs/s72-c/cara-scan-dokumen-menggunakan-ponsel.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2017/08/cara-menggunakan-camscanner.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2017/08/cara-menggunakan-camscanner.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy