Cara Long Screenshot Di Semua Smartphone Android

Cara screeenshot panjang di android

Long screenshot merupakan salah fitur baru sekaligus eksklusif dari framework Touchwiz yang digunakan pada perangkat smartphone Samsung terbaru yaitu Galaxy S7 dan Note 5. Di mana kita bisa mengambil tangkapan layar secara keseluruhan memanjang dari atas ke bawah di aplikasi maupun situs web.

Dengan screenshot seperti ini akan jadi lebih mudah untuk berbagi sesuatu dengan teman, seperti pesan dari email, log chat, hingga resep masakan dari situs web. Pada dasarnya screenshot panjang menggabungkan beberapa hasil tangkapan layar menjadi satu sehingga hasilnya panjang dan tentunya menjadi mudah untuk dibaca.

Anda juga bisa melakukan secara manual dengan menggunakan aplikasi editor foto, namun cara tersebut kurang efisien. Tapi jangan khawatir jika Anda bukan pengguna Samsung karena sekarang sudah banyak pengembang yang membuat aplikasi untuk screenshot panjang termasuk Android.

Namun satu hal harus diingat khususnya pengguna Android Lollipop adalah, agar tidak mencentang "jangan tampilkan lagi" karena System UI akan berhenti, ini bagian dari bug Android Lollipop.

Cara screenshot panjang di semua smartphone Android 

Menggunakan Stitch & Share : Big Screenshot

Aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah dari pengembang glitch bernama Stitch & Share : Big Screenshot yang tersedia secara gratis. Berikut adalah cara menggunakannya:

1. Download dan instal aplikasi dari Google Play Store atau melalui situs pihak ketiga.

2. Akttifkan terlebih dahulu tangkapan secara otomatis melalui pengaturan > aksesibilitas > aktifkan Stitch & Share

3. Selanjutnya buka aplikasi Stitch & Share, lalu pilih Automatic capture > Automatic Screenshot

Cara menggunakan Stitch & share

4. Kemudian akan muncul pemberitahuan, pilih mulai sekarang. Dan tap Start Automatic Capture.

5. Saat pertama kali menggunakan akan muncul penjelasan singkat, ikuti saja arahan yang diberikan. Sentuh ikon overlay Stitch & Share, lalu gulir ke ke bawah hingga ikon save berkedip yang menandakan foto telah diambil.

6. Jika sudah selesai sentuh ikon save, keluar dari aplikasi kemudian akan muncul pemberitahuan di panel notifikasi bahwa screenshot telah selesai. Selanjutnya tap pemberitahuan tersebut, jika berhasil sentuh ikon anak panah berwarna hijau untuk menyimpannya.

7. Terkadang aplikasi ini tidak dapat mengambil tangkapan secara otomatis, tapi Anda bisa menggunakan cara manual namun untuk screenshot dengan aplikasi lain.

Baca juga : Aplikasi screenshot Android tanpa menekan tombol

8. Sentuh Combine Image dan pilih gambar yang akan digabungkan.

9. Untuk menutupi informasi sensitif seperti email atau nomor telepon, gunakan fitur edit. Tap tiga titik yang terletak di sudut kanan atas, lalu pilih edit. Di sini Anda bisa mencoret, menghapus dan memotong area yang tidak dibutuhkan.

10. Selanjutnya sentuh ikon anak panah berwarna hijau untuk menyimpannya.

Menggunakan Long Screenshot 

Aplikasi kedua yang bisa Anda gunakan adalah Long Screenshot, jika dibandingkan Stitch & Share, aplikasi ini lebih stabil dan hasilnya tidak menyematkan watermark. Berikut cara menggunakannya :

1. Instal melalui Google Play Store

2. Buka dan jalan aplikasi

3. Anda dapat memilih dua mode yaitu otomatis dan manual. Namun kali ini saya menggunakan mode manual karena bisa mengontrol area mana saja yang akan kita ambil.

3. Kemudian tap ikon capture, buka aplikasi yang akan dulu screenshot.

4. Dimulai dari atas, pilih Capture berwarna hijau. Pastikan Anda memperhitungkan batas atas dan bawah agar tidak ada yang terlewati dan lebih rapi.

5. Jika sudah selesai, sentuh Done.

6. Kini kita beralih ke proses Stitching, untuk mode pilih manual karena hasilnya lebih rapi. Kemudian sentuh join.

Cara menggunakan long screenshot

7. Lalu tap Adjust, di sini Anda akan mengatur setiap tepi gambar agar lebih rapi. Jika sudah, pilih done.

8. Cek apakah hasilnya sudah rapi atau tidak, jika belum ulangi seperti sebelumnya. Jika sudah sentuh simpan.

9. Aplikasi ini juga dibekali fitur long screenshot di halaman web namun keduanya sama saja.

Demikianlah cara Long Screenshot di semua Smartphone Android. Semoga Bermanfaat!
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,10,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: Cara Long Screenshot Di Semua Smartphone Android
Cara Long Screenshot Di Semua Smartphone Android
Cara melakukan long screenshot di Android baik aplikasi maupun situs web menggunakan aplikasi stitch & share
https://4.bp.blogspot.com/-xa4GWpurEWY/WZIq3MtghiI/AAAAAAAAB8k/cWbMiRpuKGsl_x7Wk6LKAILdATC4ck_CwCLcBGAs/s1600/cara-screenshot-panjang-android.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-xa4GWpurEWY/WZIq3MtghiI/AAAAAAAAB8k/cWbMiRpuKGsl_x7Wk6LKAILdATC4ck_CwCLcBGAs/s72-c/cara-screenshot-panjang-android.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2017/08/cara-long-screenshot-di-android.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2017/08/cara-long-screenshot-di-android.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy