4 Alasan Anda Harus Menghapus Bloatware Di Smartphone

Menghapus bloatware

Sesuai dengan judul, kali ini kita akan berbicara mengenai beberapa alasan mengapa harus menghapus bloatware pada smartphone. Jadi saya tidak akan membahas lebih lanjut tentang cara menghilangkan bloatware pada smartphone Android (maaf mengecewakan).

Bloatware merupakan beberapa aplikasi bawaan atau pra instal yang telah diinstal pada perangkat tertentu. Baik yang sering maupun jarang digunakan. Namun yang paling banyak ditemukan adalah mereka sama sekali tidak berguna seperti penghemat baterai dan pengoptimal RAM dan biasanya sering ditemukan pada smartphone China. Serta yang perlu diingat adalah tidak semua aplikasi yang terinstal di smartphone baru merupakan bloatware.

[post_ads]
Penanaman bloatware sendiri berasal dari kata bahasa inggris "bloating" yang jika diterjemahkan berarti "kembung". Memang, bloatware membuat memori penyimpanan pada perangkat menjadi kembung atau cepat penuh. Aplikasi ini diinstal oleh vendor yang membuatnya untuk kepentingan tertentu, misalnya pihak yang berkepentingan dengan vendor tersebut seperti kontrak dengan operator seluler atau pengembang aplikasi tertentu yang biasa disebut bundling.

Sebenarnya bloatware masih bisa di uninstall dan tidak berbahaya. Namun, walaupun tidak berbahaya, mereka cukup mengganggu kinerja perangkat. Menghapus mereka merupakan suatu kewajiban khususnya bagi Anda yang sering mengalami memori penuh. Berikut beberapa alasan kenapa kita harus menghapus bloatware!

1. Memberatkan Kinerja Smartphone

Salah satu kelebihan sistem operasi Android adalah pengguna selalu bisa mendapatkan informasi secara real time. Seperti pemberitahuan email, cuaca, lalu lintas atau notifikasi lainnya. Yang berarti saat bangun tidur di pagi hari kita selalu mendapatkan informasi terbaru tanpa mengunjungi situs berita melalui browser.

Baca juga : 13 Tips Memaksimalkan Penggunaan Google Now

Hal ini dikarenakan Android selalu menjalankan semua aplikasi di latar belakang. Dengan adanya bloatware maka sistem akan terganggu diakibatkan terlalu banyak aplikasi yang berjalan. Terlebih jika hardware smartphone yang tersedia tidak memadai seperti kapasitas RAM yang terbatas.

2. Membuat Baterai Boros

Akibat dari banyaknya proses yang berjalan yang di latar belakang. Baterai sebagai satu-satunya sumber daya menjadi yang dikorbankan. Namun kasus ini jarang terjadi karena beberapa tahun terakhir, pengelolaan pemakaian baterai sudah lebih baik. Salah satunya adalah hadirnya fitur doze untuk Android Nougat.

Baca juga : 12 Langkah mudah Mengatasi Baterai Android Boros

3. Memakan Kuota Internet

Selain baterai, mereka juga menggunakan kuota internet khususnya aplikasi yang menyisipkan iklan ke dalamnya. Terlebih jika Anda membiarkan begitu saja tanpa mengelolanya. Salah satu langkah yang bisa digunakan adalah dengan memasang aplikasi firewall sehingga Anda dapat mengatur aplikasi mana saja yang bisa menggunakan koneksi internet.

Baca juga : 4 Aplikasi Penghemat Kuota Internet Android Tanpa Root

4. Memakan Ruang Memori Penyimpanan

Dan terakhir, tentu saja bloatware akan menggunakan ruang memori penyimpanan. Terlebih mereka menggunakan hingga separuh kapasitas yang tersedia. Contohnya saat kita membeli smartphone dengan memori internal 8 GB, yang yang kita dapatkan hanyalah setengahnya saja bahkan kurang dari itu. Hal ini karena telah digunakan untuk firmware dan aplikasi pra install tersebut. Cukup mengecewakan bukan? Untuk itu Anda memiliki kewajiban menghilangkan mereka.

[post_ads_2]

Untuk menyingkirkan bloatware sebenarnya cukup mudah, ada yang bisa menggunakan cara biasa maupun pakai root. Namun menurut pengalaman saya sebelumnya, untuk cara biasa aplikasi tersebut ternyata masih bersarang di sistem dan akan kembali lagi jika perangkat di reset ke pengaturan pabrik.

Hal ini karena hanya menghilangkan dari daftar aplikasi dan masih tersimpan di folder vendor, untuk mengaksesnya bisa menggunakan es file explorer. Pergi ke memori perangkat > system > vendor > operator > app.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kinerja Android Yang Lambat Tanpa Root

Itulah beberapa alasan mengapa Anda harus menghapus bloatware pada smartphone. Bagaimana tanggapan Anda tentang bloatware? Mari kita bicarakan di kolom komentar! 
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,11,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: 4 Alasan Anda Harus Menghapus Bloatware Di Smartphone
4 Alasan Anda Harus Menghapus Bloatware Di Smartphone
Penanaman bloatware sendiri berasal dari kata bahasa inggris "bloating" yang jika diterjemahkan berarti "kembung".
https://2.bp.blogspot.com/-2G-4amgSxIQ/WRwKG15qh9I/AAAAAAAAB0w/NWKiDY2U9ZE0OZg2QvTX-wc0S4SCDVc9gCLcB/s1600/aplikasi%2Bdi%2Bsmartphone.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-2G-4amgSxIQ/WRwKG15qh9I/AAAAAAAAB0w/NWKiDY2U9ZE0OZg2QvTX-wc0S4SCDVc9gCLcB/s72-c/aplikasi%2Bdi%2Bsmartphone.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2017/05/alasan-menghapus-bloatware.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2017/05/alasan-menghapus-bloatware.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy