Tips Mudah Mengelola Privasi Akun Google

Cara menggunakan setelan google

Keberadaan akun Google merupakan suatu satu hal yang penting terutama bagi para pengguna perangkat Android. Dan sekarang lebih canggih dengan kemampuannya untuk memberikan informasi yang lebih relevan untuk para penggunanya. Terlepas dari semua itu karena mereka selalu mengumpulkan data informasi penggunanya.

Sebagai hasilnya Google selalu memberikan informasi berupa kartu maupun iklan yang ditampilkan di perangkat penggunanya. Untuk itu, kewajiban untuk para pengguna adalah memproteksi akun mereka salah satunya menggunakan kata sandi yang cukup rumit dan juga untuk mereka yang menganggap dirinya sebagai orang yang peduli dengan privasi, untuk perlu mengelola pengaturan akun Google agar tahu informasi apa saja yang dikumpulkan tentang Anda.

Pertengahan 2016 lalu Google meluncurkan my account untuk memudahkan pengelolaan akun penggunanya, dari sini anda akan melihat beberapa pengaturan yang bisa kita ubah sesuai dengan kebutuhan seperti pelacakan lokasi, riwayat penelusuran, video yang ditonton, iklan yang ditampilkan dan lainnya.

Lalu bagaimanakah cara mengelola mereka? Untuk itu, izinkan saya untuk memberikan tips bagaimana cara mengelola privasi di akun Google.

1. Melihat data aktivitas dan produk yang digunakan

Anda dapat mengontrol data informasi mengenai aktivitas dan semua produk Google yang anda gunakan di laman Google dashboard. Dari sana anda dapat melihat informasi seperti produk, aktivitas dan perangkat yang anda gunakan selama 28 hari terakhir.

2. Melihat data aktivitas di internet 

Ketika Anda melakukan aktivitas di internet baik di komputer atau smartphone Android maupun iPhone dan telah masuk menggunakan akun Google, mereka akan mencatat semua kegiatan dilakukan. Tidak hanya di browser saja, mereka juga melacak semua aktivitas saat menggunakan aplikasi pada perangkat.

Untuk mengelola informasi ini, pergi ke halaman My Account. Selanjutnya pilih Kelola aktivitas saya pada bagian Info pribadi & privasi. Di sini, akan melihat semua aktivitas yang anda lakukan di internet dan perangkat yang digunakan selama 28 hari terakhir. Anda juga dapat menghapus aktivitas apa saja yang diinginkan.

Untuk menghapus semua jejak aktivitas, ketuk tombol menu (tiga titik horizontal), lalu pilih Hapus aktivitas menurut lalu pilih "sepanjang waktu" dibawah opsi "Hapus menurut tanggal".

3. Mengelola lokasi terakhir yang anda kunjungi

Jika sebelumnya anda telah memberikan persetujuan, Google akan menggunakan sensor GPS yang ada di smartphone untuk melacak posisi. Mereka akan mencatat semua lokasi yang anda kunjungi. Untuk mengaktifkan fungsi ini pergi ke aplikasi pengaturan google > informasi pribadi dan privasi > kontrol aktivitas, di sini akan melihat semua pengaturan kegiatan apa saja yang ingin dilacak, termasuk Google riwayat lokasi. Namun meskipun telah mengaktifkannya jika anda selalu menonaktifkan GPS, Google tidak dapat melacak lokasi.

Cara mengaktifkan google pelacakan kegiatan di setelan google
Mengaktifkan google riwayat lokasi 

4. Mengelola semua perintah Google 

Google juga merekam suara ketika melakukan pencarian menggunakan suara. Hanya saja, fitur ini tidak di aktifkan secara default jadi anda perlu mengaktifkannya sendiri.

Ketika fitur ini aktif, setiap kali menggunakan perintah "Ok Google" atau menyentuh ikon mikrofon, mereka akan menyimpan rekaman suara Anda. Pengguna dapat mendengarkan semua rekaman suara di bagian "Kelola riwayat" untuk mengaktifkan caranya sama seperti mengaktifkan Google riwayat lokasi.

5. Melihat aktivitas YouTube

Google juga akan mencatat semua data tentang video yang telah anda tonton di YouTube. Sama seperti pengaturan lainnya, Anda dapat mengubah pengaturan YouTube di "Kontrol aktivitas". Di sini akan melihat judul, tanggal, waktu dan perangkat untuk menonton video tertentu.

Pengguna dapat mengubah pencarian atau daftar video yang di tonton atau menghapus semua data dengan cara yang sama saat menghapus kegiatan di internet.

6. Mengatur tayangan iklan

Google memang hebat dalam menampilkan iklan yang relevan, namun pengguna juga dapat membantu mereka untuk menampilkan iklan yang lebih relevan yaitu dengan mengatur jenis iklan apa saja yang akan ditampilkan sesuai minat, jenis kelamin dan usia pada bagian halaman setelan iklan.

Selain itu mereka juga juga akan menganalisis semua iklan yang anda klik dan tonton di YouTube.

7. Melihat perangkat yang digunakan 

Di sini pengguna akan melihat semua perangkat yang di gunakan untuk masuk ke akun Google selama sumber 28 hari terakhir. Dengan adanya pengaturan ini anda dapat melihat apakah ada aktivitas menggunakan perangkat yang mencurigakan atau tidak.

Anda dapat menghapus dan melacak posisi perangkat tersebut. Pengaturan ini juga bisa anda gunakan untuk melacak keberadaan ponsel saat hilang maupun dicuri, dengan catatan fungsi GPS tersebut telah diaktifkan.

8. Melihat kata sandi yang tersimpan 

Semua browser modern memiliki fungsi menyimpan kata sandi, ini akan membantu penggunanya untuk memasukkan secara otomatis kata sandi ketika sign in ke akun tertentu tanpa harus repot memasukkan kata sandi secara manual.

Namun bagaimana jika kita lupa kata sandi dikarenakan sudah lama tidak sign in ke akun tertentu atau menggunakan perangkat lain apakah harus mengganti kata sandi baru? Tidak perlu, untuk mengatasi hal ini anda dapat melihat semuanya di pengaturan akun Google.

Namun sebelumnya pastikan telah telah mengaktifkan fitur simpan kata sandi secara otomatis di chrome browser, pergi ke pengaturan > simpan sandi > aktifkan simpan kata sandi otomatis, fitur ini diaktifkan secara default namun anda bisa melihatnya untuk memastikan bahwa semua kata sandi telah tersimpan dengan baik.

Selanjutnya masuk ke chrome browser menggunakan akun Google agar dapat menyinkronkan semua data di browser termasuk kata sandi. Untuk pergi ke pengaturan dan ketuk masuk dan pilih akun yang akan digunakan.

Setelah semuanya siap pergi ke https://passwords.google.com untuk mengelola kata sandi, dari sana akan melihat seluruh kata sandi akun baik itu facebook, twitter ataupun yang lainnya. Jadi kita ketika kelupaan kata sandi, tidak perlu mengatur ulang.

9. Melihat Aplikasi yang terhubung ke akun Anda

Terkadang kita memerlukan sebuah akun instan untuk menggunakan suatu situs maupun aplikasi tertentu seperti akun toko online atau sejenisnya tanpa harus menggunakan email untuk mendaftarnya. Salah satunya adalah dengan menggunakan akun google,
Untuk melihat semua daftar situs maupun aplikasi yang terhubung, di halaman my account selanjutnya pergi ke laman Aplikasi yang terhubung ke akun, di sini pengguna dapat melihat daftar situs dan aplikasi.

Ini adalah situs dan aplikasi yang sebelumnya di beri izin untuk mengakses Akun Google Anda. Dari daftar ini pengguna juga dapat melihat bagian dari akun yang dapat diakses oleh aplikasi dan situs pihak ketiga tersebut.

Jika Anda sudah tidak menggunakan produk tersebut sebaiknya cabut izin ini dengan menghapusnya agar mereka tidak mengakses akun anda lagi.

Baca juga


10. Cara mengaktifkan verifikasi dua langkah

Telah saya singgung sebelumnya pengguna perlu mengamankan akun mereka salah satunya adalah dengan
mengaktifkan verifikasi dua langkah. Ini adalah cara terbaik untuk memastikan akun Anda aman, meski setiap kali login akan memakan sedikit waktu, Namun dengan ini akan menambahkan satu lapisan keamanan tambahan.

Untuk mengaktifkan pergi ke halaman aktifkan verifikasi dua langkah. Dan ikuti petunjuknya. Anda bisa menggunakan alamat email, SMS dan panggilan telepon, perintah google, kode cadangan, google authenticator dan colokkan USB. Karena ketika menggunakan verifikasi dua langkah proses login akan sedikit rumit, jadi disarankan untuk mengaktifkan beberapa proses masuk agar saat proses masuk mengalami masalah anda dapat menggunakan mode yang lainnya.
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,10,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: Tips Mudah Mengelola Privasi Akun Google
Tips Mudah Mengelola Privasi Akun Google
Cara mengatur privasi akun Google dan cara melihat semua daftar kata sandi di akun google
https://3.bp.blogspot.com/-ILoKNVpEMvc/WLNsej7-OrI/AAAAAAAABWk/3ZRTu1LvzGQpkY9hi0Ayti0EFBImbmNPwCLcB/s640/google-my-account.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-ILoKNVpEMvc/WLNsej7-OrI/AAAAAAAABWk/3ZRTu1LvzGQpkY9hi0Ayti0EFBImbmNPwCLcB/s72-c/google-my-account.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2017/02/Cara-mengelola-privasi-akun-google-di-halaman-my-account.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2017/02/Cara-mengelola-privasi-akun-google-di-halaman-my-account.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy