Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Iklan di Android

Saat ini banyak pengembang yang menyediakan aplikasi gratis untuk platform Android, namun biaya aplikasi gratis tersebut adalah iklan yang ditampilkan pada perangkat Android Anda. Dengan melakukan itu, pengembang tetap dapat menjalankan bisnisnya dikarenakan pendapatan dari iklan yang ditampilkan pada aplikasinya.

Menghentikan tayangan iklan pada perangkat Android

Walaupun aplikasi yang ditawarkan secara gratis, namun hal ini dapat mengurangi pengalaman penggunanya karena iklan yang bermunculan mengganggu, apalagi iklan tersebut tidak relevan dengan isi aplikasi yang ditawarkannya.

Untuk itu, perlu ada tindakan khusus untuk menyingkirkan mereka dan menjaga perangkat dalam keadaan aman untuk untuk pencegahan dari aplikasi berbahaya, dengan menghapus semua aplikasi yang tidak dikenal. Dalam tutorial ini saya akan menunjukkan bagaimana cara untuk memblokir iklan yang ditampilkan pada perangkat Android.

Penyebab munculnya iklan pada perangkat Android 

Sebelum menghentikan iklan pada perangkat, sebaiknya cari tahu terlebih tahu apa penyebab munculnya iklan pada perangkat anda. Berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Iklan dari aplikasi

Ini adalah penayangan iklan yang wajar dan normal karena hanya muncul ketika anda menggunakan aplikasi tersebut saja, jadi ketika anda menutup aplikasi, iklan tersebut akan hilang dengan sendirinya.

[post_ads]

Biasanya iklan ini muncul pada aplikasi yang didapatkan secara gratis. Untuk aplikasi Android biasanya platform yang digunakan oleh pengembang tersebut menggunakan admob, yang merupakan salah satu produk Google untuk jaringan iklan aplikasi mobile.

Sekedar informasi dari Wikipedia, admob merupakan layanan iklan aplikasi mobile yang didirikan oleh Omar Hamoui dan di akuisi oleh Google pada tahun 2009 lalu. Salah satu cara untuk menyingkirkan mereka adalah dengan membeli aplikasi versi Pro.

2. Ponsel terinfeksi malware

Malware juga menjadi salah satu penyebab munculnya iklan pada perangkat Android. Iklan ini tampil pada hampir semua jendela layar seperti pada jendela pengaturan yang tidak wajar untuk menampilkan iklan.

Iklan ini tampil ketika perangkat terhubung dengan internet maupun sedang offline. Biasanya iklan ini selalu menampilkan iklan yang sama dan tentunya ini sangat mengganggu bahkan menampilkan iklan nakal.

Hal yang perlu di perhatikan untuk mengatasi terinfeksi malware pada perangkat Android adalah jangan menginstal aplikasi (apk) dari sumber pihak ketiga, sebaiknya instal aplikasi dari tempat yang resmi dan tepercaya terutama di Google Play Store.

3. Iklan dari bloatware

Sebenarnya ini penyakit yang sama seperti malware hanya saja sumber dari ancaman aplikasi tersebut berbeda yaitu dari berasal perangkat itu sendiri atau biasa disebut bloatware.

Bloatware merupakan aplikasi bawaan dari produsen smartphone tertentu seperti aplikasi yang sudah di kenal ataupun yang asing di telinga kita dan menjadi aplikasi sistem, dan biasanya aplikasi ini sama sekali tidak berguna menurut kita bahkan hanya dapat membuat kekacauan pada ponsel tentunya ini sangat mengganggu, Namun ini jarang terjadi tapi anda harus tetap berhati-hati.

4. Anda terlalu sering mengunjungi situs dewasa 

Dengan adanya perangkat mobile membuat pengguna mudah untuk mengakses beragam situs. Tak jarang, pengguna kerap mengakses hal-hal yang nakal melalui perangkat mereka, terutama platform Android.

Apakah itu termasuk anda? jika iya, Anda perlu berhati-hati. Di lansir dari laman jalantikus, ransomware baru-baru ini telah menginfeksi perangkat Android.

Menurut ahli di Blue Coat, perangkat bisa terinfeksi oleh malware bernama ‘Cyber.Police’ dengan hanya mengunjungi situs dewasa yang tak disebutkan namanya.

Bukan APK yang terinstal sebagaimana sering digambarkan. Melainkan dengan menambahkan kode berbahaya ke dalam browser perangkat Android. oleh situs dewasa yang dirahasiakan.

Ransomware yang bernama Cyber.Police ini akan membuat pop up tiba-tiba muncul di layar Android. Pop up tersebut tidak akan hilang hingga korban membayar tebusan. Anda juga tidak dapat menyingkirkannya begitu saja karena malware tersebut mengunci fungsi perangkat.

Dan jika tidak membayar tebusan hingga batas waktu yang telah ditentukan, Cyber.Police akan menghapus semua data yang ada di perangkat Android Anda.

Mungkin Anda akan berpikir perangkat akan aman dengan menginstal antivirus. Namun Cyber.Police ini akan mematikan fungsi antivirus. Serta akan mereset program yang pertama kali aktif ketika smartphone dinyalakan.


Baca juga


Cara menghentikan iklan di Android

Sekarang anda telah tahu apa penyebab munculnya iklan pada perangkat Android dan selanjutnya cara untuk membasmi mereka:

1. Gunakan firewall 

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan menggunakan firewall, karena aplikasi tersebut membutuhkan akses internet untuk memunculkan iklan.

Dengan firewall anda dapat menggunakannya untuk memblokir mereka agar tidak dapat menggunakan internet, sehingga iklan tersebut tidak muncul. Namun cara ini bisa diandalkan apabila aplikasi tersebut tidak membutuhkan internet dalam penggunanya, misalnya seperti game, foto editor dan aplikasi lainnya.

Untuk Android, anda dapat menggunakan NoRoot Firewall
Karena biasanya aplikasi tersebut membutuhkan akses internet untuk menampilkan iklan pada layar. Anda dapat menggunakan firewall untuk memblokir mereka agar tidak dapat terhubung dengan server.

Cara ini bisa digunakan apabila aplikasi tersebut benar-benar tidak membutuhkan internet dalam penggunaannya, misalnya seperti editor foto, launcher dan lain-lain.

Untuk perangkat Android anda dapat menggunakan NoRoot Firewall sebagai senjata, berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Instal NoRoot Firewall via Google play store
    Memblokir akses internet menggunakan NpRoot firewall
    Memblokir akses internet di NoRoot firewall
  • Buka dan atur aplikasi yang ingin anda blokir pada tab apps, dengan memberi tanda silang berwarna merah untuk memblokir dan tanda centang berwarna hijau untuk memberi izin.
  • Ketuk start untuk mengakiftkan dan jika anda melihat tanda kunci pada status bar diatas layar, itu menandakan VPN telah aktif.
2. Hapus Mallware
  • Instal malwarebytes di Google play store
  • Buka dan masuk ke menu dengan mengetuk tiga garis horizontal di atas selanjutnya ketuk scanner.
  • Ketuk run scan dan tunggu beberapa menit hingga selesai.
  • Jika telah selesai anda akan melihat aplikasi yang selama ini mengganggu anda sebagai hasilnya.
  • Pilih delete untuk menyingkirkannya, pada beberapa aplikasi mungkin tidak dapat dihapus begitu saja, anda dapat menghapusnya melalui safe mode.
  • Jika melalui safe mode tetap tidak bisa, berarti malware tersebut telah menjadi aplikasi sistem sehingga perlu di root terlebih dahulu untuk menyingkirkannya, sayang sekali.
  • Tapi jika anda tidak ingin melakukan rooting pada perangkat, anda dapat menggunakan cara pertama yaitu dengan memblokir akses internet. Tapi malware tersebut tetap bersarang pada ponsel anda, namun ini terbukti ampuh untuk menyingkirkan iklan yang mengganggu.

[post_ads_2]

3. Bersihkan cache iklan

Anda dapat membersihkan sisa iklan dengan menghapus cache pada perangkat anda, namun mereka mungkin akan kembali lagi.
  • Buka pengaturan > penyimpanan dan pilih bersihkan cache
Atau anda juga dapat membersihkannya menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda instal melalui Google play store, seperti ccleaner atau menggunakan es file explorer jika anda menggunakannya sebagai file manager.

Untuk membersihkan menggunakan es file explorer, ikuti langkah berikut:
  • Buka es file explorer dan ketuk analisis
  • Tunggu beberapa saat hingga anda melihat hasilnya, gulir ke bawah dan pilih bersihkan sisa sampah.
  • Pilih bersihkan, cukup mudah bukan?
    4. Gunakan adblocker plus

    Adblocker plus bisa digunakan pada perangkat yang telah di root maupun belum di root. Tapi untuk yang tidak di root, hanya dapat memblokir pada jaringan WiFi saja dan menggunakan proxy.
    • Instal adBlock Plus, aplikasi ini sekarang tidak tersedia di play store. Download apk via jalantikus.
    • Buka dan Aktifkan filtering pada menu utamanya dengan mengubahnya dalam kondisi On
    • Selanjutnya, masuk ke menu pengaturan WiFi.
    • Pilih WiFi yang akan anda gunakan Setelah itu akan muncul Popup, pilih Modify Network.
    • Ketuk opsi Show Advanced Options dengan memberinya checklist. Lalu ganti Proxy dari none menjadi Manual. Pada kolom hostname isi dengan localhost. Massukan 2020 pada  kolom Proxy Port. Dan simpan pengaturan.
    • Dengan menggunakan adblocker mungkin akan terjadi sedikit gangguan seperti koneksi terputus-putus.
    5. Menggunakan aplikasi adguard

    Aplikasi ini dapat anda gunakan pada Android yang sudah di root maupun belum di root. Dan tanpa menggunakan proxy seperti adblocker plus.

    Namun aplikasi ini hanya dapat memblokir iklan pada browser saja, seperti Samsung browser dan Yandex browser.
    • Instal adguard pada ponsel anda
    • Buka dan pilih aktifkan adguard pada browser. 
      Memblokir iklan pada yandex browser
      Memblokir iklan menggunakan adguard
    • Dan selesai kini anda dapat berselancar di internet tanpa iklan.
    6. Hilangkan kebiasaan mengunjungi situs dewasa

    Dan yang terakhir adalah tentu saja anda perlu mengurangi kebiasaan mengunjungi situs dewasa. Selain dapat merusak pikiran, ini juga dapat mengancam keamanan perangkat.

    Namun walaupun anda belum terkena akibatnya, tapi anda tetap berhati-hati. Sebaiknya jangan berlebihan dalam memblokir iklan pada perangkat anda, jika memang anda membutuhkan mereka maka belilah aplikasi versi Pro dan untuk web sebaiknya blokir iklan yang benar-benar mengganggu saja.

    Sekian dulu untuk tutorial kali ini, semoga bermanfaat.
      Buka Komentar

      0 komentar

      Name

      App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,10,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
      ltr
      item
      Cariken: Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Iklan di Android
      Penyebab dan Cara Ampuh Menghilangkan Iklan di Android
      Penyebab dan cara ampuh menghilangkan iklan pada Android tanpa root
      https://2.bp.blogspot.com/-JW6L7faJ8hI/WI0mnqBeOBI/AAAAAAAABRM/9K-VP93sDSYITAEvUpWy7C6mdJxLsZ2JQCLcB/s640/remove-iklan.png
      https://2.bp.blogspot.com/-JW6L7faJ8hI/WI0mnqBeOBI/AAAAAAAABRM/9K-VP93sDSYITAEvUpWy7C6mdJxLsZ2JQCLcB/s72-c/remove-iklan.png
      Cariken
      https://www.cariken.com/2017/01/penyebab-dan-cara-ampuh-menghilangkan-iklan-di-android-tanpa-root.html
      https://www.cariken.com/
      https://www.cariken.com/
      https://www.cariken.com/2017/01/penyebab-dan-cara-ampuh-menghilangkan-iklan-di-android-tanpa-root.html
      true
      9051875670766753273
      UTF-8
      Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy