12 Tips Mengoptimalkan Sistem Keamanan Android

12 Tips Memaksimalkan keamanan smartphone Android

Smartphone merupakan salah satu perangkat yang paling dibutuhkan pada saat ini. Selain untuk berkomunikasi smartphone juga digunakan untuk menyimpan data-data penting seperti foto, video dan dokumen penting lainnya.

Lalu bagaimana jika smartphone hilang atau jatuh ke tangan yang salah? Untuk itu saya akan membagikan tips sederhana untuk memaksimalkan keamanan smartphone Android :

1. Aktifkan Kunci Layar

Menyiapkan kunci layar adalah cara yang paling sederhana untuk melindungi perangkat saat dipegang oleh orang lain. Anda dapat mengatur PIN, kunci pola, kata sandi, biometrik dan sidik jari, jika perangkat anda mendukung.

[post_ads]

Ini sangat mudah dilakukan agar perangkat anda lebih aman, jika anda memakai kata sandi untuk mengunci layar. Jangan gunakan tanggal lahir atau angka yang berurutan agar tidak mudah ditebak oleh orang lain. Anda dapat mengatur lockscreen pada Android dengan melalui Settings > Security > Screen lock untuk memulai.

2. Kunci Aplikasi

Anda dapat menambahkan perlindungan untuk perangkat anda dengan mengunci aplikasi yang penting menurut anda seperti Gmail, Facebook, aplikasi office dan lainnya. Anda dapat menggunakan App Lock yang dapat anda instal dari google play store atau jika anda menggunakan perangkat Android 5.1 (lollipop) anda dapat menggunakan app lock yang telah disediakan secara default. Dengan masuk ke menu Settings > Device > Privacy protection lalu atur aplikasi yang akan di kunci.

3. Selalu Memperbaharui Aplikasi

Aplikasi yang selalu di update tidak hanya membawa fitur baru, tetapi juga perbaikan bug dan patch untuk kerentanan keamanan. Anda harus memastikan aplikasi Anda ditetapkan untuk auto update melalui Wi-Fi di Google Play Settings > General > Auto update apps.

Baca juga : Penyebab dan cara ampuh menghilangkan iklan di Android

4. Jangan Menginstal Aplikasi Dari Black Market

Secara default Android tidak akan membiarkan anda menginstal  aplikasi dari black market. Walaupun Google selalu memverifikasi aplikasi yang anda instal melalui dari black market namun demi keamanan untuk melindungi perangkat dari aplikasi malware, anda cukup menginstal aplikasi dari google play store saja. Dan perlu mematikan sumber tak dikenal pada pengaturan dengan cara masuk Settings > Security > Device administration > Unknown sources.

5. Mengelola Izin Aplikasi

Salah satu kelebihan menginstal aplikasi dari google play store adalah anda diberi tahu tentang izin aplikasi yang anda instal. Misalnya aplikasi kamera maka aplikasi tersebut membutuhkan izin untuk mengakses kamera pada perangkat atau aplikasi messaging membutuhkan izin untuk mengakses kontak anda agar dapat mengetahui teman anda sehingga secara otomatis aplikasi tersebut menambahkan kontak teman anda.

Namun jika anda menggunakan Android lollipop ke atas anda dapat mengelola hak akses aplikasi dan mengendalikan aplikasi yang bisa dan tidak bisa dilakukan di perangkat anda. Anda dapat melakukan ini dengan masuk ke menu Settings > Security dan pilih App permission (pada Android lollipop) Dan Settings > Apps > Permission apps (di Android Marshmallow).

6. Hati-hati Menggunakan Wi-Fi

Adanya Wi-Fi gratis yang tidak diberi password seringkali membuat kita senang. Walaupun tidak selamanya berbahaya, adanya malware yang memanfaatkan jaringan Wi-Fi harus anda waspadai. Terlebih jika anda menggunakannya untuk melakukan transaksi atau yang berhubungan dengan data penting seperti kartu kredit, alamat, nomor PIN, atau yang lainnya.

7. Aktifkan Android Device Manager

Android Device Manager adalah alat yang sangat berguna untuk melacak dan menghapus semua data pada perangkat apabila perangkat anda hilang atau dicuri. Ini merupakan aplikasi gratis untuk smartphone Android yang dapat anda instal dari Google Play, tetapi juga dapat diakses pada browser web di mana Anda masuk ke akun Google.

8. Aktifkan Two-Factor Authentication

Two factor authentication atau verifikasi 2 langkah merupakan metode terbaik yang bisa anda terapkan pada akun Google untuk meningkatkan keamanan dengan memberikan satu lapisan lagi pada akun anda. Ini adalah salah satu cara mengamankan data android yang efektif, anda akan diminta memasukkan kode yang dikirimkan Google melalui SMS atau panggilan pada saat anda masuk dengan akun Google anda. Anda dapat mengaktifkan fitur ini di halaman Verifikasi 2 langkah

9. Jangan Root Perangkat

Meskipun rooting perangkat akan menawarkan banyak pilihan baru, namun itu akan membuat perangkat lebih rentan terinfeksi virus maupun malware. Tapi itu tidak berarti bahwa akan lebih banyak kerusakan yang terjadi pada perangkat Android anda dan tidak masalah jika anda tetap melakukan rooting.

10. Install Antivirus

Tidak hanya komputer saja yang membutuhkan antivirus agar aman dari serangan program berbahaya. Perangkat android juga membutuhkan antivirus untuk keamanan terlebih jika di smartphone anda tersimpan data-data penting.
[post_ads_2]
Walaupun untuk serangan malware pada Android jarang terjadi namun untuk keamanan anda tetap bisa menginstalnya. Direkomendasikan agar menggunakan antivirus versi premium sehingga perangkat anda mendapatkan perlindungan salah secara penuh.

Baca juga : 10 aplikasi antivirus terbaik untuk Android

11. Gunakan VPN

VPN (Virtual Private Network) merupakan jaringan yang bersifat pribadi serta terenkripsi sehingga data yang dikirimkan tetap aman dan rahasia, walaupun dikirim melalui jaringan publik. Anda bisa menggunakan VPN pada perangkat Android anda dengan masuk ke pengaturan > jaringan > VPN > add VPN atau dengan menginstal aplikasi dari google play store seperti openVPN dan droidVPN.

12. Enkripsi Data

Jika anda mengamankan perangkat Android mungkin anda pernah melihat opsi enkripsi di Settings> Security> Encryption. Ini akan bekerja dengan mengamankan semua data pada perangkat seperti akun, aplikasi, media dan banyak lagi. Jika anda telah melakukan enkripsi pada smartphone, Anda akan diminta memasukkan password dekripsi setiap kali Anda menyalakan perangkat.

Enkripsi dan mendekripsi data akan membutuhkan waktu, Sebagian orang berpendapat itu merupakan langkah yang tidak perlu dan hanya akan memperlambat kinerja perangkat. Namun itu tidak masalah jika ingin perangkat aman serta perangkat Anda berisi data informasi sensitif.
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,10,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: 12 Tips Mengoptimalkan Sistem Keamanan Android
12 Tips Mengoptimalkan Sistem Keamanan Android
kumpulan tips untuk memaksimalkan keamanan pada smartphone android seperti mengaktifkan kata sandi pembuka layar, mengunci aplikasi yang penting
https://1.bp.blogspot.com/-C8d6fffkx-0/WCwzwTqJBhI/AAAAAAAABDA/VXe7MqqL9fcx8374ysPrw5vYY9WhuHKCQCLcB/s640/IMG_20161116_14292.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-C8d6fffkx-0/WCwzwTqJBhI/AAAAAAAABDA/VXe7MqqL9fcx8374ysPrw5vYY9WhuHKCQCLcB/s72-c/IMG_20161116_14292.jpg
Cariken
https://www.cariken.com/2016/11/12-tips-memaksimalkan-keamanan-perangkat-android.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2016/11/12-tips-memaksimalkan-keamanan-perangkat-android.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy