8 Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root

Tips mengoptimalkan RAM android

Dengan seiring penggunaan smartphone, maka kinerja smartphone akan berkurang. Hal ini disebabkan perangkat tersebut yang selalu memproduksi cache dari aplikasi yang terinstal pada ponsel. Apalagi jika Anda jarang membersihkan cache pada aplikasi tersebut, ini akan membuat memori smartphone cepat penuh.

Jika memori penuh, maka tidak ada lagi ruang untuk menyimpan cache pada smartphone, hal ini akan mengakibatkan kinerja smartphone Anda lebih lambat dan berkurangnya responsivitas untuk memproses sebuah perintah dibanding sebelumnya pada saat masih baru.

Agar kinerja smartphone Anda lebih cepat, perlu ada penanganan khusus untuk mengatasinya. Oleh karena itu, berikut beberapa tips dari kami :

    1. Kurangi penggunaan widget dan live wallpaper

    Menggunakan widget dan live wallpaper memang membuat smartphone menjadi tampak lebih menarik sekaligus terasa lebih hidup namun hal ini membuat RAM lebih terkuras karena untuk menjalankan aplikasi widget serta live wallpaper. Di samping itu penggunaan widget dan live wallpaper juga akan membuat boros baterai pada smartphone. Untuk sebab itu, kurangilah penggunaan widget dan live wallpaper agar penggunaan RAM android lebih optimal.

    2. Matikan aplikasi yang tidak digunakan

    Salah satu kelebihan smartphone android adalah aplikasi yang ada di dalamnya akan terus aktif walaupun sebelumnya Anda belum pernah membukanya hal ini agar kita selalu sinkron dengan server sehingga Anda dapat terus mendapatkan pembaruan notifikasi terbaru.

    [post_ads]

    Namun hal ini mempunyai kelemahan yaitu membuat terkurasnya RAM, untuk itu matikan aplikasi yang tidak di gunakan dengan cara membersihkannya di recent task. Namun itu saja tidak cukup Anda harus memaksa mereka untuk berhenti dengan paksa atau force close untuk memastikan mereka benar-benar tidak aktif. 

    3. Uninstall Aplikasi yang tidak Penting

    Di Google play store memang menyediakan jutaan aplikasi yang bisa Anda unduh secara gratis maupun yang berbayar. Namun jika ponsel Anda memiliki kapasitas memori terbatas akan lebih baik memilah aplikasi yang akan di install. Dan akan lebih baik juga jika mencopot semua aplikasi yang tidak berguna, demi menjaga kelancaran smartphone.

    Tapi jika aplikasi tersebut merupakan aplikasi produktivitas yang jarang digunakan namun sangat penting dan akan dibutuhkan di masa yang akan datang. Anda bisa melepas dan mem-backupnya ke memori eksternal, jadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan bisa menginstal kembali tanpa harus men-download ulang.

    Baca juga : 12 langkah mudah mengatasi smartphone boros

    4. Nonaktifkan Efek Animasi

    Pada dasarnya efek animasi dan durasi transisi tidak ada hubungannya dengan kecepatan kinerja, fungsi ini merupakan untuk membuat tampilan menjadi lebih menarik. Sedangkan durasi transisi adalah jeda waktu untuk beralih ke jendela yang diminta dalam satuan millisecond. Semakin tinggi waktu yang kita atur akan lebih lama waktu jedanya untuk beralih layar. Dengan mematikannya, akan terasa lebih cepat padahal ini hanya mempersingkat waktu saja.

    Untuk menonaktifkan fitur ini, Anda harus mengaktifkan dan masuk ke opsi pengembang.


    Untuk mengaktifkan Opsi Pengembang pada perangkat Anda, pergi ke Settings, lalu pilih Tentang Telepon  dan kemudian tekan pada jumlah membangun sekitar tujuh kali sampai memberitahu Anda bahwa Anda telah menjadi pengembang.

    (Harap dicatat bahwa ini tidak memiliki efek negatif pada perangkat Anda, itu hanya menambah menu pilihan pengembang dalam pengaturan Anda. Namun anda perlu berhati-hati ketika menggunakan fitur pengembang).

    Mematikan efek animasi
    mematikan efek animasi 
    Setelah mengaktifkan, pilih opsi pengembang lalu gulir kebawah untuk untuk menonaktifkan efek animasi pilih efek transisi, pilih nonaktifkan.

    5. Bersihkan Cache

    Cache merupakan data aplikasi yang disimpan sementara pada memori perangkat. Fungsi cache adalah untuk mempercepat loading akses data pada suatu aplikasi. Misalnya ketika Anda browsing untuk mengunjungi suatu situs di internet maka browser akan menyimpan data seperti gambar dan script pada memori perangkat.

    Membersihkan Cache pada Smartphone Android
    Membersihkan cache di Android 

    Dan ketika data tersebut dibutuhkan kembali maka browser akan mengambil cache yang tersimpan sebelumnya tanpa harus mengambil dari server, dengan hal ini proses memuat halaman web dapat terbuka lebih cepat. Hal ini juga berlaku pada game atau aplikasi yang kita gunakan.

    Itulah fungsi cache pada perangkat komputer maupun smartphone, namun jika Anda tidak pernah membersihkan cache yang sudah tidak digunakan atau kadaluwarsa maka kinerja perangkat menjadi lebih lambat diakibatkan memori penyimpanan yang penuh.

    Oleh karena itu jika anda pengguna smartphone agar selalu membersihkan cache pada memori penyimpanan sehingga kinerja smartphone menjadi lebih cepat.

    6. Restart Perangkat 

    Langkah selanjutnya yang bisa diterapkan dengan cepat dan sederhana adalah dengan melakukan reboot atau restart pada ponsel. Namun cara ini hanya sebentar saja dan tidak begitu efektif karena hanya mematikan sebentar saja sistem yang sedang berjalan. Cukup dengan menahan tombol power, pilih opsi Reboot dan kemudian tap OK untuk mengkonfirmasi.

    6. Install Aplikasi Hanya Dari Play Store

    Yang satu ini memang agak aneh karena tidak ada hubungannya dengan kinerja ponsel. Namun ada benarnya juga, karena mungkin beberapa situs penyedia aplikasi Android (apk) telah merubah atau menyelipkan program berbahaya ke dalamnya. Program tersebut akan berjalan bahkan bisa memisahkan diri dan menjelma menjadi aplikasi sistem tanpa kita sadari.

    Jika hanya berjalan saja dan tidak berbahaya mungkin tidak menjadi masalah, tapi apa jadinya jika program tersebut mencuri data-data penting atau menginstal aplikasi sendiri tanpa sepengetahuan pengguna. Jika hal ini terjadi, tidak hanya memori saja yang dirugikan namun juga paket internet.

    Salah satu program tersebut atau malware yang patut Anda waspadai systemFQAD aplikasi ini bisa menyerang smartphone jika pengguna memiliki kebiasaan download aplikasi dari situs tidak tepercaya atau ilegal. Biasanya malware semacam ini lebih banyak menyerang pada ponsel Mediatek.

    Oleh karena itu, perlu hati-hati jika men-download aplikasi dari pihak ketiga. Dengan menginstal dari sumber tepercaya khususnya di play store untuk sistem Android, ini membuat smartphone Anda lebih aman dari serangan malware.

    Baca juga : Cara memaksimalkan keamanan Android

    Namun meskipun menginstal aplikasi dari google play store Anda tetap harus hati-hati. Beberapa pengembang mungkin menyisipkan iklan yang dapat mengganggu aktivitas di smartphone. Serta bug aplikasi yang belum diperbaiki, biasanya terjadi pada beberapa aplikasi yang tidak pernah di update.

    Beberapa tips menginstal aplikasi dari Google play store di antaranya :

    • Jangan menginstal aplikasi yang memiliki kurang dari 10.000 download, kecuali pengembang bereputasi baik dan aplikasi tersebut baru diluncurkan.
    • Selalu memeriksa izin aplikasi yang tidak wajar seperti menggunakan data identitas pribadi, mengetahui letak posisi pengguna dan lainnya kecuali pengembang memiliki reputasi yang baik.
    • Selalu membaca ulasan aplikasi
    • Periksa rating peringkat aplikasi yang anda download, pastikan rating aplikasi tersebut di atas 3.5

    Namun jika terpaksa harus menginstal dari black market pastikan Anda men-downloadnya dari situs tepercaya dan legal misalnya di amazon. Serta Anda telah mengaktifkan fitur keamanan verify app pada google play service.

    Cara mengaktifkan verify app

    Cara mengaktifkan verify app pada google play service

    Fitur ini bekerja dengan memindai aplikasi yang anda instal dari sumber tak dikenal, agar fitur ini bisa bekerja pastikan koneksi internet telah terhubung saat anda sedang menginstal aplikasi. Sehingga google dapat memindai aplikasi yang anda instal apakah ada potensi bahaya atau tidak.

    7. Jangan Gunakan RAM Booster Atau Sejenisnya 

    RAM merupakan sebuah sistem penyimpanan yang bekerja sangat cepat pada suatu perangkat dan menyimpan informasi yang berubah-ubah. Jika pada Windows ketika RAM mulai penuh maka dipaksa untuk mulai menggunakan ruang hard drive sebagai virtual RAM.

    Namun itu tidak berlaku pada Android, ia memiliki cara tersendiri dalam mengoptimalkan penggunaan RAM. Karena aplikasi RAM Booster justru akan berusaha membuat RAM selalu kosong. Oleh karena itu sangat tidak dibenarkan untuk mengganggu kinerja RAM dengan aplikasi RAM Booster atau sejenisnya karena aplikasi yang Anda gunakan butuh RAM untuk bekerja dengan cepat.

    [post_ads_2]

    Hal ini memang mempercepat kinerja pada awalnya, namun justru akan memberatkan smartphone pada akhirnya. Jadi yang terbaik adalah mengatur aplikasi yang Anda gunakan misalnya dengan menghapus atau menonaktifkan aplikasi yang tidak pernah Anda gunakan agar tidak membebani RAM.

    8. Factory Data Reset

    Dengan mereset ke pengaturan pabrik maka semua data termasuk akun dan cache yang ada di smartphone (memori internal) akan terhapus. Hal ini memang agak merugikan namun ini akan membantu dengan menghapus semua data cache aplikasi yang sudah tidak terpakai lagi sehingga dapat mengembalikan memori yang tadinya penuh untuk dikosongkan kembali sehingga kinerja smartphone kembali optimal.

    Oleh karena itu backup semua data terlebih dahulu sebelum mereset agar data yang penting tidak terhapus seperti pesan, kontak telepon, password akun serta aplikasi yang anda butuhkan ke dalam memori eksternal agar tidak perlu mendownloadnya kembali.

    Namun jika smartphone anda tidak mendukung slot memori eksternal anda dapat menggunakan penyimpanan cloud atau memindahkan ke dalam flashdisk melalui USB otg.

    Setelah selesai membackup semua data dan pastikan semua data telah aman agar tidak ikut terhapus. Anda dapat masuk ke settings > backup and restore

    Factory Data Reset

    Setelah itu smartphone akan reboot dan tunggu beberapa saat smartphone akan kembali aktif dalam keadaan memori kosong. Lalu restore kembali data dan aplikasi yang tadi anda backup .

    Perlu diperhatikan agar selalu menyisakan kapasitas penyimpanan memori internal minimal 30% dari kapasitas memori yang ada sehingga kinerja smartphone tidak lambat diakibatkan memori penyimpanan yang penuh.
    Buka Komentar

    0 komentar

    Name

    App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,11,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
    ltr
    item
    Cariken: 8 Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root
    8 Cara Mempercepat Kinerja Android Tanpa Root
    Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan penggunaan RAM untuk mempercepat kinerja hp android
    https://4.bp.blogspot.com/-TiHIgvBlbfY/V-edUJsis8I/AAAAAAAAAiI/9dsZH2Uk6DUkZ4lkW3uykHFqnAFOTg0IACLcB/s1600/smartphone.jpg
    https://4.bp.blogspot.com/-TiHIgvBlbfY/V-edUJsis8I/AAAAAAAAAiI/9dsZH2Uk6DUkZ4lkW3uykHFqnAFOTg0IACLcB/s72-c/smartphone.jpg
    Cariken
    https://www.cariken.com/2016/10/cara-mempercepat-kinerja-android.html
    https://www.cariken.com/
    https://www.cariken.com/
    https://www.cariken.com/2016/10/cara-mempercepat-kinerja-android.html
    true
    9051875670766753273
    UTF-8
    Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy