Jenis-jenis dan Fungsi Sensor Pada Smartphone

Macam-macam sensor pada smartphone

Smartphone merupakan salah satu teknologi terbaru yang mampu mengubah gaya hidup manusia menjadi lebih mudah. Bagaimana tidak, ia memiliki kemampuan mirip komputer yang belum ditemukan pada ponsel sebelumnya seperti mengirim dan menerima email, membaca buku elektronik (e-book), chatting bahkan menghubungkannya dengan perangkat wearable dan alat-alat kesehatan.

[post_ads]

Hal ini dikarenakan smartphone telah ditanamkan beberapa sensor seperti fingerprint, giroskop, kompas, accelerometer, dll. Untuk Anda yang sedang mencari jenis-jenis sensor beserta fungsinya berikut akan kami rangkum di bawah!

1. Proximity Sensor

Sensor pertama di smartphone dan merupakan paling umum ditemukan adalah Proximity atau biasa disebut dengan sensor jarak. Biasanya ditempatkan di bagian depan atas layar berdampingan dengan kamera. Berfungsi untuk mengatur layar untuk mematikan dan menghidupkan saat melakukan panggilan suara.

Cara kerja proximity cukup sederhana, ketika ada benda yang di dekatkan dengan sensor maka ia akan memerintah layar untuk menghidupkan atau mematikan layar kembali. Dengan adanya ini pengguna tidak perlu menekan tombol secara manual saat panggilan telah berakhir atau hanya melihat pemberitahuan di layar.

Selain itu, ia juga dapat mengurangi penggunaan daya baterai saat melakukan panggilan berlangsung dengan cara mematikan layar. Seperti yang kita ketahui, layar adalah penghisap baterai terbesar di di smartphone. Namun fungsi proximity sensor tidak bekerja ketika memakai loudspeaker atau earphone.

2. Accelerometer Sensor

Accelerometer atau biasa disebut dengan sensor gravitasi (G-sensor) memiliki fungsi untuk mengukur percepatan dan gerakan. Ia bekerja dengan sistem gravitasi di bumi. Fungsinya adalah untuk membuat tampilan layar tetap tegak seperti mengubah dari mode portrait menjadi landscape atau sebaliknya.

Selain itu, sensor ini juga digunakan saat bermain game. Misalnya di game balap mobil ketika ingin belok, pengguna cukup memiringkan perangkat ke kiri atau ke kanan, maka secara otomatis ia akan bergerak sesuai arah gerakan smartphone.

3. Gyroscope Sensor

Sensor ini hampir sama dengan accelerometer yaitu bekerja dengan mendeteksi gerakan smartphone. Hanya saja untuk accelerometer bekerja dengan gravitasi, sedangkan pada gyroscope menggunakan momentum sudut. Untuk penggunaan sensor giroskop lebih maju, seperti VR dan OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera untuk mengatasi blur diakibatkan perangkat yang goyang saat mengambil gambar.

Baca juga : Fungsi HDR pada smartphone

4. Ambient Light Sensor

Ambient light sensor berfungsi untuk menyesuaikan cahaya di sekitar smartphone. Dengan merubah kecerahan layar secara otomatis. Sehingga pengguna tetap nyaman menggunakan smartphone meskipun kondisi cahaya disekitar terlalu terang atau terlalu gelap.

5. Compass Sensor

Yang satu ini pastinya sudah Anda tahu. Ya, kompas berfungsi sebagai petunjuk arah agar kita tidak tersesat. Di beberapa merk smartphone terutama untuk flagship, biasanya telah ditanamkan sensor kompas di dalamnya. Manfaat lain dari sensor ini adalah digunakan untuk menentukan arah kiblat dari posisi kita.

6. Magnetic Field Sensor

Sesuai dengan namanya, Magnetic sensor digunakan untuk mendeteksi medan magnet di sekitar perangkat. Kita bisa mengubah smartphone menjadi metal detector dan penunjuk arah kutub yang bekerja sama dengan sensor kompas.

7. Barometer Sensor

Barometer sensor berfungsi untuk mengukur tekanan atmosfer. Yang berguna memperkirakan cuaca di waktu yang akan datang. Biasanya sensor ini hanya ditanamkan di ponsel kelas tertentu.

8. Temperature Sensor

Untuk fungsi temperature sensor pastinya Anda sudah tahu. Berbeda dengan termometer yang dipakai untuk mendeteksi suhu tubuh kita. Sensor ini hanya berfungsi untuk mendeteksi suhu pada perangkat. Di smartphone bisa mendeteksi suhu sekitar 100 derajat celcius. Hal ini karena pada smartphone kita umumnya bekerja pada rentang suhu 40 hingga 75 derajat celsius.

[post_ads_2]

9. Gesture Sensor

Sensor gesture berfungsi untuk mengenali gerakan tangan dengan mendeteksi sinar inframerah yang dipantulkan dari telapak tangan si pengguna dan mengukur perubahan arus listrik ketika jari berada di jarak yang dekat dengan layar. Dengan adanya sensor ini, kita bisa melakukan scrolling atau perintah lainnya pada smartphone dengan menyapukan tangan di atas layar tanpa menyentuhnya.

10. Fingerprint Sensor

Fingerprint sensor berfungsi untuk mengenali sidik jari pengguna. Dengan adanya sensor ini pengguna dapat mengamankan smartphone dari tangan jahil seperti hak akses aplikasi, otentikasi, dll. Sampai saat ini sudah banyak smartphone yang telah disematkan sensor sidik jari dari flagship hingga entry-level.

11. Face Detection

Face detection ini berfungsi mengenali wajah pengguna untuk mengambil gambar atau membuka layar melalui sensor kamera depan smarphone tanpa harus menggambar pola atau mengetik password.

12. Sound Sensor

Sound sensor berfungsi untuk mengukur intensitas suara di sekitar smartphone. Ia sangat bermanfaat ketika sedang melakukan panggilan di tempat yang ramai, karena sensor ini akan mengukur tingkat kebisingan disekitarnya lalu menyesuaikan volume dari speaker. Sehingga kita tetap bisa menelepon dengan nyaman tanpa terganggu suara berisik yang ada di luar.

13. Heart Rate Sensor

Heart Rate Sensor berfungsi untuk memeriksa detak jantung dan kesehatan fisik. Ada banyak keuntungan yang didapatkan oleh pengguna salah satunya adalah berupa informasi tentang kondisi kesehatan diri.

Baca juga : Apa itu IP68 dan cara aman menggunakannya?

14. GPS (Global Positioning System)

Mungkin sudah banyak yang mengetahui fungsi dari sensor GPS termasuk Anda juga. Sensor ini berguna untuk menentukan posisi pengguna dari hasil kalkulasi trigonometri berdasarkan sinyal-sinyal dari satelit terdekat yang diterima smartphone.

Dengan mengaktifkannya, smartphone bisa melacak keberadaan pengguna ataupun orang lain serta digunakan sebagai sistem navigasi yang akan memandu pengguna untuk menunjukkan suatu lokasi.
Buka Komentar

0 komentar

Name

App & game,13,Asus,4,Gadget,39,Gaya hidup,8,Google Pixel,2,HTC,1,Info Menarik,3,Kesehatan,6,Keuangan,3,Lenovo,4,LG,2,Motorola,4,Nokia,3,OnePlus,1,Oppo,1,Psikotes kerja,5,Samsung,6,Sony Xperia,2,Teknologi,7,Tes Kerja,7,Tips & Trik Android,28,Tips Karier,11,Vivo,2,Xiaomi,3,ZTE,3,
ltr
item
Cariken: Jenis-jenis dan Fungsi Sensor Pada Smartphone
Jenis-jenis dan Fungsi Sensor Pada Smartphone
pada umumnya smartphone memiliki beberapa sensor diantaranya proximity sensor, ambient Light sensor, compass sensor, GPS sensor, fingerprint sensor dan masih banyak lagi.
https://2.bp.blogspot.com/-fb0d9rEu-dc/V-iOaDyiQuI/AAAAAAAAAjw/o8eIXD8mwaoLrOCGCc2T0oJvVdVBxrroQCLcB/s640/20160730071129-min.png
https://2.bp.blogspot.com/-fb0d9rEu-dc/V-iOaDyiQuI/AAAAAAAAAjw/o8eIXD8mwaoLrOCGCc2T0oJvVdVBxrroQCLcB/s72-c/20160730071129-min.png
Cariken
https://www.cariken.com/2016/07/jenis-jenis-dan-fungsi-sensor-pada.html
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/
https://www.cariken.com/2016/07/jenis-jenis-dan-fungsi-sensor-pada.html
true
9051875670766753273
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy