14 Cara Menggabungkan File PDF Menjadi Satu

Portable Document Format atau biasa dikenal dengan PDF adalah sebuah format berkas dokumen yang dikembangkan oleh Adobe Systems pada tahun 1993.

Format ini seringkali digunakan untuk keperluan pengiriman dokumen secara digital. Format PDF hampir sama dengan doc seperti pada Microsoft Office yaitu menampilkan file yang mencakup teks, gambar, hingga grafik vektor 2D.

Hanya saja ia tidak dapat di edit secara sembarang layaknya format doc. Oleh karena itu, Format PDF juga dikenal sebagai buku digital atau ebook.

Dan sekarang ini, PDF adalah format file yang sangat umum digunakan sebagai dokumen resmi. Jadi mengetahui cara mengubah ke dan dari format file adalah keterampilan profesional yang penting.

Begitu pula cara menggabungkan banyak file PDF menjadi satu dokumen. Di artikel tutorial ini, akan mengajarkan kepada Anda tentang 14 cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu dengan mudah.

Apa pun platform yang Anda gunakan di bawah ini, sebagian besar dari mereka tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun alias gratis.

1. Cara Menggabungkan File PDF di Android

Jika menggunakan perangkat Android, Anda dapat menggunakan beberapa aplikasi di bawah ini. Sebagian besar dari mereka adalah gratis digunakan dan tanpa memerlukan koneksi internet atau offline.

1. Menggunakan Aplikasi Xodo Docs – PDF Reader

Bagi pengguna Android, aplikasi pertama yang bisa Anda gunakan adalah Xodo PDF Reader & Editor. Selain gratis, aplikasi ini juga sama sekali tidak membutuhkan akses internet untuk digunakan. Silakan simak baik-baik caranya berikut.

Time Needed : 5 minutes

 


Cara menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu di ponsel Android menggunakan aplikasi Xodo PDF Editor & Reader.

  1. Instal Xodo PDF Editor & Reader

    Instal melalui Google Playstore dan jalankan aplikasi Xodo PDF Editor & Reader.Xodo PDF Editor & Reader

  2. Sentuh Ikon +

    Dari menu utama akan terlihat semua file dokumen yang ada di perangkat Anda. Namun agar lebih mudah, Anda dapat memindahkan terlebih dahulu semua dokumen yang akan digabungkan tersebut dalam satu folder. Jika sudah, silakan sentuh ikon + untuk memulai.Menggunakan Xodo PDF Editor & Reader

  3. Pilih PDF From Documents

    Langkah berikutnya, silakan pilih PDF from Documents.Menggunakan Xodo PDF Editor & Reader

  4. Pilih Dokumen PDF Yang Akan Digabungkan

    Kemudian pilih beberapa file yang ingin Anda gabungkan dengan menyentuh dan menahan file, lalu sentuh Merge.Menggunakan Xodo PDF Editor & Reader

  5. Sentuh Tombol Merge

    Klik tombol merge lagi yang terletak di sudut pojok kanan bawah.Menggunakan Xodo PDF Editor & Reader

  6. Tentukan Nama File Output

    Langkah selanjutnya adalah memberi nama file output, lalu klik Merge.Menggunakan Xodo PDF Editor & Reader

  7. Tentukan Folder Tempat File Output Disimpan

    Tentukan folder dimana Anda akan menyimpan file tersebut lalu klik Select. Silahkan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai.Menggunakan Xodo PDF Editor & Reader

Tools
  • Aplikasi Xodo PDF Editor & Reader

Itulah cara pertama yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF di ponsel Android.

2. Menggunakan Aplikasi PDF Utility

Aplikasi PDF Utility adalah alat kecil yang komprehensif untuk melakukan berbagai operasi pada file PDF. Mulai dari menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu, menambahkan password agar lebih aman, hingga mengubah PDF dari dan ke gambar.

Untuk cara menggabungkan file PDF menggunakan aplikasi PDF Utility, silakan ikuti caranya berikut ini.

  1. Langkah pertama, silahkan Anda download dan instal terlebih dahulu aplikasi PDF Utility – Lite melalui Google Playstore lalu jalankan.
  2. Kemudian dari menu utama aplikasi,pilih menu Merge. Selanjutnya, pilihlah beberapa file PDF yang akan Anda gabungkan.
  3. Setelah itu, tunggu beberapa saat hingga proses selesai. Cukup sederhana bukan?
  4. Menggunakan Aplikasi PDF Tools

Satu lagi aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan PDF adalah PDF Tools. Aplikasi ini memiliki cara kerja yang sama dengan aplikasi lainnya. Yaitu untuk menggabungkan PDF, Anda hanya perlu menyentuh bagian merge.

Kemudian, pilihlah beberapa file PDF yang ingin digabungkan. Terakhir, cukup sentuh tanda centang yang ada di bagian bawah dan tunggulah beberapa saat hingga semua file PDF Anda berhasil digabungkan.

3. PDF Doctor Premium

Satu lagi aplikasi untuk menggabungkan file PDF di ponsel Android adalah PDF Doctor Premium. Memang bukanlah aplikasi gratis yaitu Anda harus beli dengan harga Rp41.000.

Namun, dijamin Anda tidak akan kecewa dengan segala kelengkapan fitur yang ada pada PDF Doctor Premium. Salah satu fitur yang bisa Anda manfaatkan adalah menggabungkan file PDF.

Di sini, Anda hanya perlu memilih tools Merge. Lalu, Anda juga bisa langsung pilih file PDF yang ingin digabung. Setelah itu, Anda bisa langsung klik Merge PDFs. Selesai sudah, kini file PDF Anda berhasil digabung menjaid satu.

2. Cara Menggabungkan File PDF Secara Online

Cara alternatif sekaligus favorit saya yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu adalah dengan memanfaatkan salah situs web di bawah ini.

Karena hanya membutuhkan akeses internet dan tidak perlu menginstal perangkat lunak atau aplikasi apa pun di perangkat. Sehingga akan menghemat banyak waktu, cukup upload dan klik tombol maka pekerjaan Anda selesai.

Berikut 5 situs web online terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

1. iLovePDF

ilovePDF adalah situs terbaik dengan segudang fitur untuk melakukan berbagai tugas mengedit dokumen PDF. Salah satunya adalah kegunaannya untuk penggabungan beberepa file PDF.

Perusahaan ini sendiri mengklaimnya sebagai alat penggabungan PDF termudah yang tersedia secara online. Memang benar, iLovePDF dirancang sedemikian rupa sehingga pengguna tidak mengalami kesulitan dalam bentuk apa pun.

Termasuk penggunaan bahasa dari berbagai negara, karena iLovePDF menggunakan 25 bahasa yang berbeda. Di samping itu, kualitas setiap dokumen yang dihasilkan juga cukup baik.

Hemat waktu dengan mengerjakan berbagai file PDF sekaligus. Anda dapat dengan mudah melihat pratinjau setiap dokumen dan konten yang ada di dalamnya secara detail.

Dan juga kemampuannya untuk mengontrol tautan unduhan dengan mengatur waktu ketersediaan tautan. Anda juga dapat memilih file dari penyimpanan awan, Google Drive dan Dropbox dengan sangat mudah.

Jika mau, iLovePDF juga menyediakan aplikasi mobile untuk Android dan iOS dan cara kerjanya juga mirip dengan versi situsnya.

2. Small PDF

Situs kedua yang bisa Anda gunakan adalah SmallPDF, sama seperti iLovePDF situs ini juga memiliki beberapa fungsi umtuk mengedit file PDF.

Anda dapat dengan mudah menggunakan alat penggabungan dan pemisahan PDF menjadi beberapa bagian. Cukup seret dan jatuhkan file di dalam kotak dan mulai mengeditnya.

Pilih halaman Anda untuk menyusun ulang atau menghapusnya dengan mudah. Semua file yang diunggah di situs dihapus setelah proses sepenuhnya dan sebagian besar setelah satu jam.

Karena berbasis web, tentunya ini dapat digunakan pada semua sistem mulai dari Windows, MacOS, dan Linux. Namun untuk pengguna tidak terdaftar hanya memiliki dua kuota untuk dapat menggabungkan dua PDF dalam satu jam tanpa kesulitan.

3. Online2PDF

Tidak banyak situs yang menawarkan layanan Penggabungan PDF seperti Online2PDF. Anda dapat menggabungkan hingga 20 file bersama menjadi satu file dengan mudah.

Semua file digabungkan dalam urutan dan cara yang sama, Anda memilihnya. Anda juga dapat menggabungkan XPS dan TIFF menjadi satu. Pilih mode pencampuran apakah Anda ingin mereka mencampur secara alternatif.

Antarmuka pengguna memungkinkan Anda untuk mengatur file secara efisien dari awal dan sampai akhir. Anda juga dapat membuat PDF baru untuk setiap halaman ke file halaman tunggal.

4. Sedja

Gabungkan setiap dokumen dan PDF Anda dengan Sedja. Anda dapat menggabungkan banyak dokumen ke dalam satu file PDF. File tetap pribadi di alat penggabungan PDF online ini, dan server menghapus file yang diunggah setelah 5 jam.

File hingga 200 halaman atau 50 MB dapat diunggah untuk digabung menjadi satu. Anda juga dapat memastikan tentang pencetakan dua sisi dengan memilih opsi pencetakan dua sisi.

Itu datang dengan opsi yang memungkinkan Anda untuk memasukkan semua halaman dari file atau tidak jika Anda mau. Dengan lebih banyak opsi fitur, Anda dapat mengontrol bookmark dan footer file.

5. CombinePDF

Ketika ada alat penggabung PDF seperti Combine PDF lalu mengapa khawatir tentang proses penggabungan? Cukup buka situs CombinePDF lalu pilih file PDF atau gambar Anda untuk menggabungkannya menjadi satu dokumen PDF tanpa kesulitan.

Anda juga dapat menarik dan melepas blok file untuk mengubah urutan dengan cara apa pun yang Anda rasa cocok. Alat online ini memungkinkan Anda untuk memilih dan menggabungkan 20 PDF serta gambar dari perangkat Anda.

Semua data yang dikirimkan dan diunggah di situs akan dihapus dalam waktu satu jam. Fitur penghancuran diri ini akan menghindari penyalahgunaan file yang diunggah oleh orang lain.

Baca juga: Cara Scan Dokumen di Android Menggunakan CamScanner

Cara Menggabungkan File PDF di Komputer Windows

Jika Anda pengguna komputer Windows maka ada beberapa aplikasi yang bisa Anda instal di komputer. Meskipun ada situs online seperti yang telah disebutkan di atas, namun mereka sangat berguna jika Anda sering melakukan mengedit dokumen PDF karena sebagian aplikasi di bawah ini dapat digunakan secara offline.

1. Menggunakan Aplikasi Adobe Acrobat

Berbeda dengan Adobe Reader, Adobe Acrobat adalah software yang sama-sama dibuat oleh pencipta PDF yaitu Adobe Systems hanya saja ia digunakan untuk membuat hingga mengedit file PDF.

Salah satu yang bisa Anda lakukan dengan program ini adalah menggabungkan beberapa file sekaligus. Berikut adalah cara menggabungkan file PDF menggunakan Adobe Acrobat:

  1. Instal Adobe Acrobat pada komputer Anda. Pilihlah versi Standard atau Pro, dan bukan versi trial. Beberapa komputer biasanya sudah dilengkapi dengan Adobe Acrobat.
  2. Buka dan jalankan aplikasi Adobe Acrobat, klik tombol Create yang ada di toolbar utama. Jika Anda tidak menemukan tombol ‘Create PDF’, buka View yang ada di toolbar, lalu pilih tombol Task dan lanjutkan dengan memilih Show All Task Buttons.
  3. Pilih menu Combine Files into a single PDF yang ada di dalam Create. Menu ini berfungsi untuk menggabungkan beberapa dokumen yang ada di komputer Anda menjadi satu file PDF.
  4. Klik Browse di window yang muncul pada layar komputer Anda. Kemudian, carilah dokumen yang akan digabungkan dalam satu file PDF. Klik OK dan dokumen yang dipilih akan tersalin ke kotak putih sebelah kanan.
  5. Sortir dokumen yang sudah dipilih sesuai urutan. Di sini, Anda dapat menggunakan tombol Remove, Move up, dan Move Down untuk merapikan data. Hilangkan pula tanda centang di sebelah tulisan Include all open PDF files jika Anda tidak ingin menggunakan file PDF yang pernah Anda buka sebelumnya
  6. Setelah dokumen sudah diurutkan, klik Combine Files dan tekan OK.
  7. Proses penggabungan dokumen menjadi satu file PDF telah selesai, kini saatnya Anda menyimpan file PDF di ‘Save As..’ dengan nama yang Anda inginkan.

2. Menggunakan aplikasi Icecream PDF Split & Merge

Aplikasi pihak ketiga ini cukup efektif untuk menyatukan dokumen untuk membentuk satu file PDF. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggabungkan PDF dengan menggunakan aplikasi Icecream PDF Split & Merge.

  1. Silahkan download dan instal terlebih dahulu aplikasi Icecream PDF Split & Merge ke komputer.
  2. Kemudian buka dan jalankan aplikasi, lalu klik tombol ‘Add File’ dan pilih dokumen yang akan digabungkan.
  3. Sortir dokumen yang sudah dipilih sesuai dengan urutan yang Anda inginkan dengan menggunakan tombol ‘Up’ atau ‘Down’ yang ada di samping kanan. Anda juga bisa menambahkan kata sandi untuk memperoteksi berkas yang sudah digabungkan ini.
  4. Ketika Anda merasa sudah selesai merapikan dokumen, klik ‘Merge’ untuk menggabungkan semua dokumen menjadi satu file PDF.

3. Menggunakan Aplikasi Nitro PDF

Aplikadi selanjutnya adalah Nitro PDF yang juga sama-sama software yang dirancang untuk membuat dan menyunting file PDF. Aplikasi ini adalah freemium alias berbayar untuk menggunakan fitur lanjutan.

Akan tetapi, Anda bisa memanfaatkan versi trial dari Nitro PDF untuk mencoba aplikasi ini. Berikut adalah cara menggunakan Nitro PDF:

  1. Silahkan download dan instal aplikasi Nitro PDF terlebih dahulu melalui situs resminya.
  2. Kemudian buka dan jalankan aplikasi Nitro PDF. Di sini, Anda akan mendapatkan versi trial yang bisa digunakan selama 14 hari. Ketika masa percobaan ini sudah habis, Anda harus membeli aplikasi ini jika tetap ingin menggunakannya.
  3. Pilih dokumen yang ingin digabungkan dalam file PDF. Tekan tombol shift pada keyboard dan klik kiri pada semua dokumen yang Anda pilih. Pindahkan file tersebut dalam satu folder agar Anda lebih mudah mencarinya.
  4. Masuk kembali ke aplikasi Nitro PDF dan buka folder yang berisi dokumen yang ingin digabungkan tadi melalui aplikasi dengan memilih menu ‘Combine Files in NitroPDF’
    Silahkan rapikan dokumen yang Anda pilih dengan menyortirnya sesuai urutan.
  5. Gunakan tombol ‘Move Up’ dan ‘Move Down’ untuk menaikkan atau menurunkan urutan dokumen.
  6. Pilih kualitas terbaik untuk dokumen Anda di ‘Make PDF Files’. Disarankan untuk memilih kualitas terbaik dengan memilih Print Ready (Larger File Size).
  7. Selanjutnya simpan dokumen Anda di kotak ‘Save PDF to..’ dan pilihlah lokasi penyimpanan.
  8. Lanjutkan dengan memilih ‘Create’, dan tunggu beberapa saat maka file PDF Anda selesai dibuat.

4. Menggunakan PDFelement 6

Tak perlu ribet mencari software untuk menggabungkan PDF, karena Anda juga bisa menggunakan PDFelement 6. Ini merupakan sebuah aplikasi bagus dan praktis untuk edit PDF termasuk menggabungkan PDF. Ingin tahu cara menggunakannya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Masuk ke dalam aplikasinya, dan langsung pilih fitur Combine PDF.
    PDF element 2
  2. Pilih file PDF yang ingin Anda gabungkan. Anda bisa langsung klik browse dan mencari file-nya. Atau, Anda juga bisa langsung melakukan drag & drop file PDF-nya.
  3. Jika sudah selesai, maka langsung saja klik Next.
  4. Lalu, tunggulah beberapa detik untuk PDFelement 6 menggabungkan dua PDF.

5. Menggunakan Aplikasi PDFBinder

PDFBinder sangat cocok untuk Anda yang suka menggunakan aplikasi ringan karena kapasitas penyimpanan yang terbatas di komputer.

Jadi, jangan khawatir tidak bisa menggabungkan file pdf dengan perangkat yang memiliki penyimpanan terbatas, karena Anda bisa menggunakan aplikasi PDFBinder ini. Dan caranya pun cukup mudah, silakan simak baik-baik caranya berikut ini.

  1. Pertama-tama silahkan Anda download dan instal terlebih dahulu aplikasi PDFBinder di komputer.
  2. Selanjutnya, jalankan PDFBinder. Lalu klik “Add File” untuk menambah file pdf yang ingin Anda gabungkan.
  3. Setelah itu, klik “Blind!” untuk memulai proses penggabungan.
  4. Kemudian, berilah nama file output lalu simpan file PDF-nya.
  5. Menggunakan Aplikasi Foxit

Foxit adalah software premium yang bisa Anda andalkan untuk menggabungkan semua file PDF menjadi satu file saja. Mereka mengklaim bahwa aplikasi ini mampu untuk menggabungkan file-file PDF dengan mudah dan cepat, mau berapa pun jumlah file-nya.

Di samping itu, Foxit juga memiliki fitur di mana penggunanya bisa menambahkan watermark, pages, header/footer, ke dalam file PDF-nya. Dan Anda tidak perlu khawatir file akan bocor karena Foxit memastikan file Anda aman.

6. Menggunakan Aplikasi WPS Office

Berbicara soal dokumen digital, pastinya Anda sudah mengenal aplikasi WPS Office. Ya, WPS Office adalah aplikasi pembaca dan editor PDF, Word, dan juga Excel. Dan di versi Premium, WPS Office ini juga sudah dilengkapi fitur untuk menggabungkan beberapa file PDF menjadi satu.

Untuk langkah-langkah Membagi file PDF, WPS Office memungkinkan semua pengguna menggabungkan file PDF yang berbeda menjadi satu, ikuti caranya berikut ini.

  1. Pilih “PDF Merge” dan Anda dapat mengatur halaman yang ingin Anda gabungkan menjadi satu. Di sini Anda juga dapat mengatur Nama file output.
  2. Kemudian, silahkan klik “Merge” dan Anda dapat menemukan file PDF baru pada file manajer lokal Anda..

Itulah 14 cara yang bisa Anda gunakan untuk menggabungkan beberapa file PDF tanpa ribet dan banyak membuang waktu.

Baca juga : Aplikasi office terbaik untuk Android

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *